Namun, diprediksi masih ada ribuan orang lainnya bertahan di dalam kota dengan cuaca ekstrim tanpa tempat tinggal yang layak

Rombongan terakhir evakuasi

Tentara rezim Suriah mengatakan telah mengambil alih seluruh kota Aleppo, bersamaan dengan selesainya evakuasi pejuang oposisi.

"Beberapa saat lalu, kelompok pejuang terakhir dari Aleppo telah sampai di bagian barat kota", ujar juru bicara kelompok Ahrar Syam.

Sekelompok pejuang Sunni sebelum tinggalkan Aleppo

"Ini sudah selesai. Proses evakuasi sudah berakhir. Bus terakhir sudah keluar", ujar Ahmad al-Dabis, seorang petugas medis yang membantu evakuasi pasien di Aleppo.

Dikonfirmasi pihak militer Assad, yang telah memegang kembali kendali kota tersebut, setelah 4 tahun dikuasai oposisi.

"Kemenangan ini merupakan titik balik yang penting", ujar pernyataan militer, dilansir dari Reuters.

Direbutnya Aleppo timur merupakan sebuah kemajuan bagi rezim Basar al-Assad, namun perang belum sepenuhnya usai karena masih sangat luas wilayah yang tidak dikontrol Damaskus.

"Ini adalah langkah dasar mengakhiri terorisme di seluruh Suriah dan menciptakan situasi yang tepat untuk membuat solusi (penyelesaian) perang", ujar Assad, yang menyebut semua penentangnya sebagai 'teroris'.

Assad juga mengatakan, kemenangan yang diraihnya terjadi dengan dukungan asing, yaitu Rusia dan Iran.

Menurut PBB, sekitar 34.000 orang (sumber lain menyatakan 40 ribu), baik warga sipil maupun pejuang, telah dievakuasi dari Aleppo timur.

"Proses evakuasi dapat menimbulkan trauma. Orang menunggu berjam-jam dalam suhu dibawah nol derajat", ujar juru bicara PBB Farhan Haq.

Namun, diprediksi masih ada ribuan orang lainnya bertahan di dalam kota dengan cuaca ekstrim tanpa tempat tinggal yang layak, setelah hancur lebur oleh gempuran udara.

PBB juga mengatakan, sisa pengungsi harus diizinkan pergi jika mereka memutuskan untuk memilih keluar. (Reuters)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.