Maskapai penerbangan Delta diketahui menurunkan dua orang penumpang karena berbicara bahasa Arab

Cuplikan video yang diunggah oleh Adam Saleh di media sosial
Maskapai penerbangan Delta diketahui menurunkan dua orang penumpang karena berbicara bahasa Arab, Rabu (21/12).

Salah satu diantara merupakan artis sosial media Amerika, Adam Saleh.

Saleh mengunggah video dalam twitternya dengan menulis keterangan, "maskapai Delta menurunkan kami karena saya berbicara bahasa Arab dengan ibu saya di telepon".

Rekaman tersebut telah disebarkan sebanyak 300.000 kali.

Saleh dan temannya, Slim Albaher menaiki pesawat dari London menuju New York. Setelah melalui pemeriksaan ulang oleh pihak keamanan, Saleh dan temannya mendapat kursi di penerbangan selanjutnya.

Pihak Delta memberi keterangan bahwa alasan Saleh dikeluarkan adalah karena "berusaha mengganggu penumpang kabin dengan tindakan provokatif, termasuk berteriak".

Delta mengklaim, terdapat lebih dari 20 keluhan pelanggan.

Dalam video yang diunggah, Saleh terlihat berkata kepada penumpang lain, "saya mengucap kata (dalam bahasa Arab), lalu kamu merasa tidak nyaman?"

"Kami menanggapi tuduhan diskriminasi itu secara serius. Kami memiliki budaya memperlakukan orang lain dengan hormat", ujar pernyataan Delta.

Saleh mengatakan, ia akan memanggil pengacaranya saat tiba di New York. Selain Saleh, ternyata beberapa orang juga sempat dikeluarkan dari pesawat dalam 2 tahun ini.

Agustus lalu, Delta mengeluarkan sepasang Muslim yang sedang berlibur dari Paris menuju Cincinnati, setelah seorang penumpang mengaku tidak nyaman berada bersama mereka dalam satu penerbangan.

Di bulan yang sama, pesawat Easyjet mengeluarkan sepasang bersaudara Muslim dari penerbangan London-Nepal karena seorang penumpang mengira mereka bagian dari anggota ISIS.

November 2015, seorang Muslim Amerika dikeluarkan dari pesawat Lufthansa yang terbang dari bandara Newark Liberty menuju Istanbul, dengan alasan untuk ditanyai lebih lanjut.

Juru Bicara dari Dewan Hubungan Muslim Amerika (CAIR), Ibrahim Hooper, meminta pihak terkait menyelidiki insiden yang terjadi pada Saleh.

"Kami sangat memperhatikan laporan semacam ini. Jika tuduhan itu benar, mereka cocok dengan pola tuduhan serupa tahun ini", ujarnya.

"Dunia adalah tempat yang berbeda-beda. Orang-orang berbicara dengan bahasa yang berbeda, mengenakan pakaian berbeda, dan terlihat berbeda. Itu bukan acuan untuk menilai apakah seseorang harus dikeluarkan dari pesawat", katanya. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.