rezim Assad kini menuntut kelompok petempur Kurdi YPG agar keluar dari distrik Syeikh Maqsoud, kota Aleppo.

Wilayah Syeikh Maqsoud yang dikuasai YPG Kurdi
Setelah berhasil merebut Aleppo timur dari tangan oposisi, pemerintah Assad kini menuntut kelompok petempur Kurdi YPG agar keluar dari distrik Syeikh Maqsoud, kota Aleppo.

Distrik ini adalah daerah mayoritas warga suku Kurdi yang dikontrol oleh Unit Perlindungan Rakyat (YPG) sejak Suriah terpecah dalam perang sipil.

Menurut kantor berita Rudaw yang berafiliasi dengan Kurdi di Irak, rezim Assad "mengusir" YPG melalui ultimatum sampai akhir tahun.

Rudaw mengambil keterangan dari Ali Maqsud, seorang analis militer yang dekat dekan rezim Damaskus.

"Setelah keberhasilan di Aleppo timur, pemerintah ingin mengambil alih seluruh kota. Pemerintah Suriah akan meminta YPG menyerahkan posisi mereka di kota kepada tentara Suriah", katanya.

Assad, sejak akhir tahun lalu, memandang keberhasilah merebut seluruh daerah perkotaan Aleppo sebagai "kemenangan besar".

Wilayah oposisi telah dikuasai seutuhnya pasca akhir evakuasi kemarin. Praktis, hanya tersisa distrik Kurdi saja yang belum diambil.

Syeikh Maqsoud yang terkepung juga jadi tempat penampungan puluhan ribu warga sipil yang mengungsi dari Aleppo timur sejak akhir November. (Rudaw/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.