Rekor lama antrian haji RI saat ini dipegang jama'ah dari Sulsel, yaitu 42 tahun

Menteri Agama, Lukam Hakim Saifuddin

Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) menggelar forum yang membahas berbagai tema keagamaan, salah satunya terkait antrian haji.

Keempat negara ini pada kenyataannya memiliki persoalan yang sama terkait lama waktu antrian haji.

Menag Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa antrian terlama haji Indonesia mencapai 42 tahun.

Dialami jama'ah di salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Sedangkan antrian terpendek haji Indonesia adalah sembilan tahun.

Malaysia menunjukkan angka yang lebih parah. Menteri di Jabatan PerdanaMenteri Malaysia Majer Jeneral Dato Seri Jamil Khir bin Haji Baharom mangatakan antrian hajinya mencapai 93 tahun.

Sedangkan antrian haji di Singapura selama 35 tahun dan Brunei hanya tiga hingga empat tahun saja.

Kondisi ini diperparah dengan adanya pemotongan kuota bagi negara pengirim jemaah sebesar 20%.

Kuota normal Indonesia ialah sebanyak 211 ribu jama'ah, terkurangi hingga 42.200 jemaah setiap tahunnya sejak 2013 lalu.

Sementara Malaysia, Brunei, dan Singapura dalam empat tahun terakhi masing-masing mendapat kuota pengiriman jemaah haji sebanyak 22 ribu, 300, dan 680 jemaah.

Menyikapi permasalahan ini, Lukman mengusulkan dalam forum MABIMS ini agar masing –masing anggota MABIMS berkirim surat kepada Arab Saudi agar kuota haji tidak dipotong 20%.

"Indonesia sudah bersurat. Jika lainnya bersurat, akan semakin baik", jelas Menag pada sidang MABIMS ke-17 tahun 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (06/12).

Dalam forum itu didapat sebuah rumusan bahwa Malaysia dan Indonesia mengusulkan kepada pemerintah Arab Saudi agar dapat mengembalikan kuota normaknya, tidak dipotong hingga 20%.

"Kami sudah memohon kepada Saudi, khusus untuk umrah agar dikecualikan. Apakah ini juga bisa diusulkan bersama?", katanya. (Kemenag.go.id)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.