Ilustrasi : Bendera Negara Turki

Pasukan Kurdi yang melancarkan serangan awal pekan ini akan memasuki kota-kota di dekat kota Raqqah, Suriah.

Wilayah tersebut diketahui berfungsi sebagai ibukota dari militan ISIS yang mengklaim membangun "kekhalifahan al-Baghdadi".

Namun menurut Turki, jika kelompok Kurdi mendominasi justru dapat memperpanjang konflik.

Turki sendiri telah mengirimkan pasukannya ke Suriah untuk mendukung pejuang oposisi FSA, dan menyarankan agar mereka yang memimpin penyerangan merebut Raqqah.

Pasukan FSA saat ini sedang melaju menuju pertahanan ISIS di kota al-Bab, Aleppo utara. Mereka juga mengalami bentrokan dengan ISIS dan SDF (gabungan YPG Kurdi dengan pasukan lain).

Di Raqqah, SDF meraih beberapa keuntungan sejak penyerangan dimulai Minggu lalu, setelah mengambil alih hampir 12 desa.

Ilham Ahmed, pejabat senior dalam politik SDF, mengatakan bahwa pasukannya akan memasuki Raqqah dan mendorong ISIS keluar.

"Serangan ini akan terus memakai bentuk (strategi) yang sama sampai dapat memasuki kota", kata Ahmed. Ia menambakan, SDF yang didominasi milisi Kurdi menjadi kekuatan utama di darat.

Sementara menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyatakan harapannya, bahwa AS akan menepati janji untuk mengatur pasukan Kurdi, serta menjamin mereka menarik diri dari kota Manbij.

"Kami berharap (saran) ini akan menjadi pertimbangan (AS) dan berharap mitra kami menepati janjinya", kata Cavusoglu.

"Kami masih memiliki beberapa minggu untuk operasi Raqqah. Saran kami adalah, kekuatan lokal harus didukung oleh pasukan khusus Turki", lanjutnya.

Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford, mengatakan bahwa dalam operasi Raqqah, pasukan Kurdi hanya berperan mengepung dari pinggiran dan tidak akan memasuki kota.

Namun Ahmed dari SDF menyatakan pasukannya tidak membutuhkan bantuan Turki.

Komando militer AS menyebutkan pesawat tempur koalisi telah melakukan lebih dari 30 serangan udara ke Raqqah sejak hari Minggu. (Arabnews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.