Situasi perang Afghanistan

Taliban menabrakkan truk bermuatan bom ke gedung Konsulat Jenderal Jerman di Mazar-i-Sharif, Afghanistan pada Kamis (11/11).

Insiden ini menewaskan dua warga sipil dan melukai lebih dari 100 orang lainnya, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.

Setelah aksi bunuh bom manusia itu tersebut, petempur Taliban lainnya melepaskan tembakan secara sporadis yang menghancurkan kaca toko di sekitar lokasi.

Taliban mengatakan, insiden ini merupakan bagian dari aksi balas dendam atas serangan udara pasukan Amerika Serikat di Kunduz, Afghanistan, yang menewaskan 32 warga sipil, awal bulan ini.

Pihak konsulat jenderal Jerman mengatakan gedung perwakilan tersebut mengalami rusak parah, tapi tak ada pejabat atau staf yang terluka.

"Turut berduka bagi warga Afghanistan yang terluka dan keluarga korban tewas", demikian kutipan pernyataan resmi dari kantor konsul jenderal Jerman.

Sementara itu, seorang sumber diplomatik di Berlin mengatakan kepada AFP bahwa Menteri Luar Negeri Jerman, Frakn-Walter Steinmeier, langsung mengadakan rapat mendadak.

"Ada pertempuran di luar konsulat. Sekarang, pasukan keamanan Afghanistan dan pasukan Dukungan Resolusi (NATO) dari Kamp Marmal sudah di lokasi", kata sumber tersebut.

Serangan udara di Kunduz memang dilakukan oleh pasukan AS. Namun selama ini, operasi militer di Afghanistan dibantu oleh NATO. Jerman merupakan salah satu anggotanya. (CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.