Pertemuan dengan Delegasi Cina Meng di Istana Al-Yamamah pada Minggu, 6/11.

Arab Saudi dan China sepakat untuk meningkatkan kerjasama di berbagai isu penting, termasuk bidang keamanan dan kontra-terorisme. Hal ini dibicarakan pada pertemuan yang diadakan di Riyadh, Minggu (6/11), dilansir dari Arabnews.

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Naif dan Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman, menerima delegasi yang dipimpin oleh utusan khusus Presiden China, Meng Jianzhu.

Kedua pihak mencapai kesepakatan untuk memperdalam hubungan baik antara Arab Saudi dan China.

Pembicaraan di Riyadh ini juga diisi dengan penandatanganan 15 kesepakatan awal antara Saudi dan China bulan Agustus (berhubungan dengan energi untuk perumahan skala besar), saat kunjungan wakil putra mahkota.

Kerjasama ini sesuai dengan upaya reformasi mengurangi ketergantungan pada ekspor minyak dan menampilkan Arab Saudi sebagai bangsa dinamis dengan peluang menjanjikan bagi investor global.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar China mengatakan, delegasi dipimpin oleh Meng Jianzhu, yang juga anggota Biro Politik Komite Pusat Partai Komunis China dan Ketua Komisi Politik dan Hukum Urusan BPK, telah bertemu Raja Salman di Istana Al-Yamamah.

Putra mahkota kemudian mengadakan jamuan makan siang. Ia dan Meng membahas isu-isu kepentingan bersama, terutama kerjasama di kontraterorisme. Sebuah rencana kerjasama lima tahun juga ditandatangani di bidang pelatihan keamanan.

Saat pembicaraan dengan Raja Salman, Meng menyampaikan salam dari Presiden Xi Jinping. Raja juga menyampaikan hal serupa kepada Presiden China.

Putra mahkota dan beberapa menteri turut hadir dalam pertemuan, meninjau kemitraan strategis dan kerjasama di masa depan untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Delegasi China itu juga bertemu Wakil Putra Mahkota, Mohammed bin Salman, kedua wakil perdana menteri dan menteri pertahanan. (Arabnews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.