Ladang minyak di Saudi (Reuters)
Perseisihan antara Arab Saudi dan rival utamanya, Iran, muncul kembali pada pertemuan tingkat ahli OPEC pekan lalu.

Riyadh mengatakan, mereka akan meningkatkan produksi minyak secara tajam dan membuat harga turun jika Teheran menolak membatasi outputnya, dilansir dari Reuters.

"Saudi telah mengancam untuk meningkatkan produksinya hingga 11 juta barel per hari, bahkan hingga 12 juta barel per hari, yang akan mengakibatkan harga minyak turun, serta akan menarik diri dari forum itu", ungkap seorang sumber kepada Reuters.

Perseteruan dua negara ini makin sering terjadi beberapa tahun terakhir akibat perang proksi di Suriah dan Yaman.

Ketegangan minyak sempat mereda, dimana beberapa bulan terakhir Saudi menyepakati pembatasan pasokan minyak dunia, sehingga meningkatkan harapan dalam meningkatkan harga minyak.

Menurut sumber dari Reuters, Saudi bukan hanya mengancam. Negara tersebut akan memproduksi minyak lebih dari kebutuhan konsumennya. Semua produsen dapat meningkatkan produksi jika tidak ada kesepakatan yang dibuat.

Harga minyak jatuh pada Jum'at lalu. Minyak Brent turun 77 sen ke USD 45,58 per barel.

Arab Saudi meningkatkan produksi sejak 2014 dengan rekor tertinggi hingga 10,5-10,7 juta barel per hari. Menambahkan pasokan hanya akan memperburuk kondisi global, dimana harga minyak anjlok lebih dari setengahnya, sekitar USD 115 per barel 2 tahun lalu.

Keputusan Saudi ternyata diikuti dengan keberatan oleh Iran yang tidak mau membekukan produksinya. Iran berpendapat, batas produksi harus dicabut mengingat produksi mereka baru pulih setelah pencabutan sanksi Uni Eropa.

Delegasi Saudi untuk OPEC menuntut Teheran membekukan produksinya hingga 3,66 juta barel per hari.

Iran melaporkan jumlah output sebesar 3,85 juta barel per hari pada September dan mengatakan hanya akan membatasi outputnya sekitar 12,7 % dari total batasan OPECsebesar 4,2 juta barel per hari. (Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.