Ilustrasi Ahok ketika bertemu polisi

Mantan Ketua PBNU, Hasyim Muzadi meminta penanganan kasus penistaan agama, yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak melebar kemana-mana.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu juga meminta agar kepolisian tetap fokus pada koridor hukum, seperti penanganan kasus penistaan agama yang dilakukan Arsewendo, Lia Eden dan Musadek.

“Umat Islam yang meminta tuntutan, saya minta harus fokus. Jangan melebar ke mana-mana karena kalau melebar bisa ditumpangi dari dalam dan dari luar, maka kondisi ini akan sulit baik masyarakat sendiri dan negara”, pintanya.

Hasyim mengatakan umat mempunyai hak untuk meminta kepastian hukum kepada negara, karena negara berkewajiban melaksanakan hak hukum itu.

“Saya ingatkan pertama, proporsionalisasi posisi negara, kalau tidak proporsional ada aparat lain bisa mengingatkan, seperti DPR, atau aparat lain yang bisa menyampaikan pandangan”, lanjutnya.

Hasyim menekankan posisi negara harus netral dan mengayomi semua masyarakat serta memberikan hak rakyat terhadap keadilan.

“Tapi bagaimana perlindungan itu kemudian tuntutan terhadap hak itu diperlukan di sini diperlukan kenegarawanan. Tidak cukup hanya hukum legal formal”, ujar KH Hasyim. (Aktualcom)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.