Seorang wanita, yang menurut media lokal terluka dalam serangan penembakan di perbatasan internasional dengan Pakistan, digambarkan dalam sebuah rumah sakit pemerintah di Jammu, 1 November 2016 (Reuters)
Ketegangan India dan Pakistan, pada Selasa (1/11) terhitung setidaknya terdapat 13 kematian baru-baru ini akibat penembakan di perbatasan Kashmir, dilansir Reuters.

Ketegangan di wilayah Himalaya meningkat drastis sejak serangan lintas-perbatasan pada pangkalan militer yang menewaskan 19 tentara India September lalu.

Hal itu mendorong New Delhi melancarkan pembalasan terhadap militan Islam yang dituduhkan telah dilindungi Pakistan.

Kedua negara bersenjata nuklir saling tuduh mengenai gagalnya gencatan senjata pada 2003 silam. Usaha diplomasi pun justru menjadi perang dingin.

Para pejabat Pakistan mengatakan, sedikitnya empat orang tewas dan lima terluka pada Senin (31/10), dalam baku tembak yang cukup berat di sektor Nakyal, Pakistan di sepanjang Garis Pengawasan.

"Tampaknya sering terjadi perang antara India dan Pakistan. Kasihanilah kami dan tolong hentikan itu", kata Mohammad Saeed, seorang penduduk desa Mohra di wilayah itu kepada Reuters.

Sebelumnya, enam orang tewas dan 10 terluka di Naykal, berdekatan dengan sektor Tatta Pani, hari Jum'at dan Sabtu lalu.

Sedangkan, di wilayah Garis Kontrol bagian India, seorang gadis tewas dan tiga lainnya luka-luka, dalam serangan Pakistan di sepanjang sektor Ramgarh di Jammu dan Kashmir, Selasa, ungkap seorang perwira senior polisi.

Menurut juru bicara militer India, seorang tentara India dan seorang warga sipil juga tewas di sepanjang garis kontrol Kashmir sektor Rajouri, Senin kemarin,

Meningkatnya penembakan lintas batas menimbulkan kekhawatiran adanya serangan nuklir di Kashmir. Perebutan wilayah ini telah memicu dua dari tiga perang antara India dan Pakistan sejak meraih kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947.

Wilayah Kashmir yang mayoritas Muslim telah lama muncul tuntutan kemerdekaan dari New Delhi. (Reuters)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.