Orang yang baru saja melarikan diri dari Intisar, Mosul timur, terlihat di sepanjang jalan di Qaraqosh, Irak November 4, 2016. REUTERS

Salah satu pasukan Irak yang berusaha menggulingkan militan ISIS dari Mosul adalah kelompok Hashid Shaabi, atau Angkatan Populer Mobilisasi (Popular Mobilisation Front/PMF), sebuah koalisi milisi dengan dominan kaum Syi'ah.

Berikut adalah beberapa latar belakang tentang kelompok tersebut:

- Hashid Shaabi terbentuk dari Ttiga milisi besar, bersama dengan sejumlah kelompok bersenjata dan memiliki sekitar 20.000 petempur. Sebagian besar para pejuang di Hashid Shaabi berasal dari milisi Syi'ah Arab dengan dukungan Iran, dan beberapa kaum Yazidi serta Asyur.

Milisi Syi'ah terbesar dalam kelompok ini adalah Organisasi Badr, yang dipimpin oleh Hadi al-Amiri.

- PMF dibentuk pada tahun 2014 untuk alasan melawan militan ISIS di Irak, telah resmi diakui rezim Baghdad dan pemerintahan Syi'ahnya. Namun, sebagian besar anggota kelompok ini telah dilatih oleh Iran.

- Para petempur Syi'ah juga memiliki hubungan dekat dengan komandan Brigade al-Quds dari Garda Revolusi Iran, Jenderal Qassim Suleymani. Gambar yang muncul di media sosial menginformasikan baru-baru ini ia ada di garis depan sekitar Mosul.

- Mereka bergabung dalam serangan untuk mengambil kota Tal Afar, sekitar 55 kilometer (34 mil) barat dari Mosul, Sabtu lalu, yang bertujuan untuk memotong jaur pasokan bagi tentara ISIS juga jalur yang dapat mereka gunakan untuk kabur ke Suriah.

- Kelompok-kelompok HAM khawatir tentang kemungkinan adanya kekerasan sektarian jika milisi Syi'ah menguasai daerah mayoritas Sunni di utara dan barat Irak.

Amnesty International mengatakan, milisi Syi'ah bersalah dalam kekerasan mereka, yang dikatakan sebagai "pelanggaran berat hak asasi manusia dan kejahatan perang" terhadap warga sipil yang mengungsi dari daerah ISIS.

Pasukan dan pemerintah mengatakan pelanggaran tersebut adalah sebuah kesalahan. (Reuters/rslh)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.