Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. (REUTERS/Ahmed Saad)

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif pada Senin (7/11) menemui Michel Aoun, Presiden Lebanon yang baru terpilih.

Pertemuan ini akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perebutan pengaruh antara Teheran dan Arab Saudi atas Beirut.

Michel Aoun berhasil menjadi presiden terpilih Lebanon pekan lalu. Terpilihnya Aoun mengakhiri vakum kekuasaan presiden selama 29 bulan.

Pada konferensi pers usai mendarat di Bandara Beirut, Zarif berharap bisa memperkuat kerjasama dengan Lebanon. Ia saat itu didampingi pula oleh jajaran politisi dan delegasi ekonomi Iran.

Hal pertama yang dilakukan Aoun sebagai presiden adalah meminta pemimpin Islam Sunni, Saad al-Hariri agar segera membentuk kabinet baru. Hariri sendiri nantinya akan menjabat sebagai perdana menteri di kabinet tersebut.

Dilansir dari Reuters, Iran mendukung terpilihnya Aoun dan melihat hal tersebut sebagai kemenangan bagi Hezbollah. Pasalnya, ia merupakan sekutu politik kelompok militan Syi'ah itu.

Kemenangan Aoun juga dinilai sebagai langkah maju Lebanon dari sisi politik dan militer dalam membantu mengatasi perang yang tengah terjadi di Suriah.

Di waktu lain, Hariri mengatakan bahwa pembentukan kabinet baru Lebanon merupakan kesempatan bagus untuk memperbaiki hubungan dengan negara-negara Teluk, termasuk Arab Saudi.

“Formasi pemerintahan yang baru adalah kesempatan untuk memperbaiki identitas Lebanon sebagai negara Arab dan sebuah momentum meningkatkan kerjasama dan hubungan di Dewan Kerjasama Teluk atau Gulf Cooperation Council (GCC)", ujar Hariri.

Lebanon adalah sebuah negara yang menerapkan pembagian kekuasaan sektarian. Aoun sebagai presiden adalah Kristen Maronit, PM dari Muslim Sunni dan kepala parlemen adalah penganut Syi'ah.

Menguatnya pengaruh Hezbollah, membuat Lebanon dikucilkan negara-negara Teluk awal tahun ini, terutama Arab Saudi yang membatalkan bantuan keamanan. (CNN Indonesia/rslh)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.