"Memang terhadap tersangka Basuki Tjahaja Purnama tidak dilakukan penahanan. Alasannya bahwa penyidik sudah melakukan pencekalan saat ini"

Kejaksaan Agung tidak akan menahan Ahok

Kejaksaan Agung telah memutuskan tidak akan menahan tersangka kasus penistaaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Hal ini diambil dengan alasan bahwa pihak penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah melakukan pencegahan Ahok pergi ke luar negeri.

"Memang terhadap tersangka Basuki Tjahaja Purnama tidak dilakukan penahanan. Alasannya bahwa penyidik sudah melakukan pencekalan saat ini", kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan, Agung Muhammad Rum di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis (1/12).

Rum menyampaikan, jika pihak penyidik tidak melakukan penahanan, maka kejaksaan melakukan hal yang sama.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Rikwanto telah menjelaskan bahwa penahanan tersangka Ahok kini menjadi kewenangan Kejaksaan Agung.

Berdasakan berkas yang diserahkan oleh tim penyidik, Ahok dinyatakan melanggar Pasal 156 dan 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Pasal tersebut berisi larangan mengeluarkan pernyataan yang mengandung permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, di muka umum. (CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment: