Jet tempur MiG-29 milik Rusia jatuh ke laut Mediterania saat mencoba mendarat di kapal induk Admiral Kuznetsov

Ilustrasi pesawat Rusia jatuh dekat kapal induk Admiral Kuznetzov

Jet tempur MiG-29 milik Rusia jatuh ke laut Mediterania saat mencoba mendarat di kapal induk Admiral Kuznetsov. Pilot berhasil keluar dengan aman dari pesawat.

Admiral Kuznetsov adalah satu dari sekian armada perang Rusia yang dikerahkan di dekat pantai Suriah. Dilengkapi jet MiG-29K di atas landasan pacu kapal induk itu.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan, kecelakaan terjadi akibat "kerusakan teknis" selama latihan penerbangan.

Pesawat diduga memiliki kerusakan mekanis, tak lama setelah lepas landas. Jet jatuh beberapa kilometer dari pangkalan, kemudian pilot dievakuasi oleh tim penyelamat.

“Pilot tidak mengalami bahaya", kata kementerian pertahanan, yang menambahkan bahwa pilotnya siap terbang lagi.

Operasi penerbangan yang akan dilaksanakan juga tidak ditangguhkan.

Pesawat tersebut sebenarnya dirancang khusus untuk operasi melalui kapal induk di laut. Meski demikian, jenis MiG-29 telah beroperasi sejak tahun 1980-an.

Admiral Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk milik Rusia. Kapal ini bisa membawa puluhan pesawat tempur dan helikopter.

Kapal sendiri berlayar dari utara Rusia ke Mediterania melalui Selat Inggris pada Oktober lalu.

Armada Rusia harus mengisi bahan bakar di lautan lepas wilayah Afrika utara, pasalnya rencana berlabuh di dermaga Ceuta, Spanyol, batal akibat kekhawatiran NATO atas misi mereka.

Selain Kuznetzov, armada itu terdiri atas kapal jelajah bertenaga nukir, dua kapal perang anti-kapal selam, empat kapal pendukung dan kapal selam.

Kuznetzov bergabung dengan 10 kapal Rusia lainnya yang berada di lepas pantai Suriah. Rusia memang mendukung pasukan rezim Suriah dalam memerangi oposisi negeri itu.

NATO menyatakan kekhawatiran pesawat dari kapal induk itu akan digunakan untuk menyerang warga sipil di kota Aleppo. (BBC)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.