Abu Uwais yang ditangkap polisi karena dinilai provokatif

Abu Uwais yang ditangkap polisi karena dinilai provokatif
Bareskrim Polri masih menelusuri soal penyebaran isu rush money.

Sejauh ini, tersangka AR alias Abu Uwais (31) diketahui merupakan orang yang pertama kali menggunggah ke media sosial terkait ajakan penarikan uang dalam skala besar atau rush money.

"Kalau ajakan pertama iya, karena dia yang bikin. Foto-foto yang dia unggah itu foto-foto yang dia bikin", kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigjen Agung Setya saat dihubungi detikcom, Minggu (27/11).

"Kalau dia yang bikin (ajakan) pertama, lalu siapa dong aktornya?", sambung Agung saat ditanya siapa aktor intelektual isu ini.

Agung menuturkan, AR pertama kali menggunggah soal ajakan rush money ke akun Facebooknya sekitar Senin (21/11) lalu. Apa motif AR?

"Dia motifnya terprovokasi karena pemberitaan demo di media-media sosial", ujar Agung.

Terkait aktor intelektual isu ini, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menjelaskan, tim Cyber Crime Direktorat Tipideksus masih mendalami ada tidaknya orang lain yang menyuruh AR untuk menggunggah ajakan rush money ke media sosial.

"Apakah dia atas suruhan orang kan masih pendalaman lebih lanjut, apakah disuruh orang atau tidak. Dia ngakunya (inisiatif) sendiri saja. Namanya pelaku kan belum tentu jujur", kata Boy saat dihubungi terpisah.

Polisi juga menyatakan terus menyelidiki pelaku lain dalam kasus ini.

"Enggak berhenti di satu orang ini. Kira-kira yang membuat konten-konten provokatif, menyebarluaskan, itu dalam penyelidikan lanjutan", kata Boy. (Detikcom)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment: