Sekitar 52 orang dilaporkan tewas
Puluhan orang tewas dan ratusan luka-luka setelah ledakan bom di barat daya Pakistan, yang kemudian diklaim oleh militan ISIS, Sabtu (12/11).

Bom meledak di sebuah situs yang dikeramatkan kaum Sufi setempat, saat tengah ramai pengunjung.

Pejabat Kementerian Provinsi, Sarfaraz Bugti, kepada kantor berita AFP, mengatakan bahwa setidaknya 52 orang tewas dalam serangan di distrik Hub, provinsi Balochistan.

Ledakan di situs Shah Noorani terjadi saat ratusan orang berada di dalam, seperti diungkap petugas keamanan lokal, Hashim Ghalzai. Menurutnya, sedikitnya 100 orang terluka.

"Ada banyak pengunjung di situs keramat Sufi itu pada saat ledakan terjadi. Mereka memperingati ulang tahun kelahiran ke-500 tokoh sufinya. Korban tewas termasuk wanita dan anak-anak", kata koresponden Al-Jazeera Kamal Hyder di Pakistan.

Situs Sufi bernama Shah Noorani menarik banyak pengunjung sepanjang tahun.

Pemerintah mengirim 25 ambulans ke lokasi, kata Akbar Harifal, sekretaris daerah di Balochistan. Dimana lokasinya cukup terpencil.

Konfirmasi soal ISIS mengaku bertanggung jawab di balik serangan disampaikan melalui kantor berita mereka, Amaq.

Namun otoritas Pakistan belum memastikan rincian serangan bom ini sebagai aksi ledakan bunuh diri.

Bom meledak saat pengunjung sedang melakukan ritual tarian Sufi.

"Setiap hari, ketika matahari terbenam, ada (tarian ritual) Dhamaal sini, dan banyak orang datang untuk ini", kata Nawaz Ali, juru kunci situs tersebut. (Al-Jazeera/AFP)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.