Foto ancaman terhadap Ahok dari Suriah
Beberapa hari lalu, publik di tanah air dihebohkan dengan beredarnya 2 foto dan 1 video dari kombatan Jaisyul Fath di Suriah yang memberi tuntutan agar Ahok segera dihukum atau "mereka yang bertindak".

Mereka, yang secara spesifik diidentifikasi sebagai anggota kelompok Jabhah Fathu Syam (bekas al-Qaeda), diyakini diminta temannya yang berasal dari Indonesia agar berfoto bersama kertas bertuliskan bentuk tekanan dan ancaman pada Ahok.

Foto itu menunjukkan satu lagi internasionalisasi isu Ahok ke Suriah (kelompok petempur), dimana sebelumnya, kasus ini juga disoroti Ulama-Ulama dari Timur Tengah dan Pakistan.

Namun, terkait foto ancaman Jaisyul Fath, Risalah telah menelusuri rilisan-rilisan resmi kelompok itu dan tidak ditemukan satupun dokumentasi atau pernyataan resmi terkait Ahok.

Sehingga foto ancaman itu, diduga hanya bentuk "inisiatif pribadi" dari orang Indonesia yang tergabung dalam JFS, lalu ditempeli lambang Jaisyul Fath.

Kontributor Risalah di Suriah, Abu Aisyah, bahkan tidak mengetahui adanya sikap Jaisyul Fath terkait isu-isu internasional, karena pejuang gabungan itu sedang fokus menembus pengepungan Aleppo timur.

"Foto Jaisyul Fath buat gertak Ahok mesti dicek resmi ato gak. Kalo gak resmi, dalam aturan media di sini memasang (lambang) foto atau video atas nama faksi tanpa persetujuan manajemen media resmi adalah sesuatu yang dilarang", jelas Abu Aisyah.

Ia menjelaskan, kelompok pejuang di Suriah berhati-hati dalam isu-isu yang tidak terkait dengan mereka, terutama internasional, khawatir berdampak besar kepada publik bagi citra perjuangan mereka.

Terlebih isu Suriah sangat sensitif di berbagai negara, karena masalah "terorisme" dan "pertempuran".

Perlu diketahui, Jaisyul Fath adalah ruang operasi militer gabungan dari berbagai faksi, mulai dari FSA (Sunni moderat nasionalis), Islamis, hingga jihadis seperti JFS. (Risalah)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.