Seorang warga Mosul mengabarkan bahwa pimpinan kelompok militan ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi, sedang merasakan kekhawatiran besar

Abu Bakar Al Baghdadi (Reuters)

Seorang warga Mosul mengabarkan bahwa pimpinan kelompok militan ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi, sedang merasakan kekhawatiran besar.

Baghdadi takut tertangkap hidup-hidup sehingga ia mengenakan bunuh diri setiap saat, bahkan ketika tidur.

Sumber ini memberikan informasi melalui pesan teks kepada intelijen Irak di Baghdad, seiring dengan serangan yang diluncurkan tentara Irak terhadap ISIS di kota Mosul sejak Oktober lalu.

Pengiriman informasi semacam ini dimulai pada pekan pertama November dan berhasil diperoleh Reuters.

Salah satu pesan itu menyebutkan bahwa Baghdadi mulai frustasi terkait masifnya serangan terhadap ISIS di Mosul.

Pesan tersebut menyebutkan, “(Baghdadi) menjadi sangat temperamental”, lanjutnya: “(Ia) bahkan tidak lagi memperhatikan penampilannya”.

Bunyi pesan itu juga mengatakan bahwa sebelumnya Baghdadi begitu mempedulikan penampilannya, namun tidak untuk akhir-akhir ini.

Baghdadi juga dikenal sebagai sosok yang "kadang suka bercanda, namun kini tidak lagi", tutur informan itu.

Informan mengklaim, Baghdadi tinggal di dalam terowongan bawah tanah yang luas dan terkoneksi dengan berbagai daerah di kota itu.

"Dia tidur mengenakan sabuk (bom) bunuh diri. Ia ingin memastikan ia tidak akan pernah tertangkap hidup-hidup, sehingga ia memakainya untuk berjaga-jaga jika ia tertangkap", tutur informan itu.

Reuters sudah memverifikasi identitas informan, namun menyatakan tidak dapat mengonfirmasi kebenaran informasi yang disampaikan.

ISIS menganggap al-Baghdadi sebagai "khalifah" yang wajib dibaiat oleh semua Muslim.

Sementara kelompok Sunni musuh ISIS di Suriah selalu mengejek al-Baghdadi yang tidak pernah kelihatan lagi berkhotbah di Mosul pada 2014.

Beberapa kali ISIS mengakui pemimpinnya terluka akibat serangan. (CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.