Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu memperingatkan bahwa Turki akan mengusir Partai Demokrasi Persatuan (Partiya Yekîtiya Demokrat, PYD) di Suriah yang dianggap sebagai afiliasi Partai Pekerja Kurdistan (Partiya Karkerên Kurdistanê, PKK), dari kota Manbij, Suriah.

Ancaman Turki datang dengan syarat, yaitu jika kelompok Kurdi itu tidak meninggalkan kota seperti yang dijanjikan.

Ankara memang menuduh milisi Kurdi Suriah terkait organisasi teroris-separatis Kurdi (PKK) yang ada di wilayahnya.

"Jika PYD/PKK tidak meninggalkan Manbij, kami beritahukan ini, juga untuk Amerika. Kami akan menghapusnya dengan cara kami sendiri", kata Cavusoglu selama wawancara yang disiarkan di saluran pribadi Turki, Kanal 24.

PYD dengan sayap militer YPG telah memperkuat dominasinya di sebelah barat Sungai Efrat sejak Desember lalu dan memperluas kehadirannya dalam upaya memerangi ISIS, lewat petempur gabungan SDF.

Termasuk keberhasilan mereka merebut kota Manbij musim panas lalu dari ISIS.

Jum'at pekan lalu, Menteri Pertahanan Turki, Fikri Isik mengatakan bahwa pihaknya sedang menunggu PYD/YPG meninggalkan wilayah Manbij.

Sejak Agustus Turki menggandeng FSA untuk melancarkan operasi 'Euphrate Shield', membersihkan garis perbatasan dari ISIS, termasuk menyasar milisi Kurdi yang dianggap membahayakan Turki dan terafiliasi dengan teroris PKK. (Anadolu Agency)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.