Tentara Pakistan bersiaga atas diserangnya asrama polisi di Quetta
Setidaknya 60 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka dalam pemusatan latihan yang diikuti oleh ratusan kadet di Quetta, pejabat Pakistan mengatakan setelah menyiarkan operasi balasan militer.

Sekelompok orang bersenjata menyerang tempat pemusatan latihan yang diikuti oleh ratusan kadet, mereka juga mengambil beberapa sandera.

Kementerian Provinsi Balochistan, Mir Sarfaraz Ahmed Bugti, kepada reporter di tempat kejadian pada Selasa pagi, bahwa ada lima hingga enam pria bersenjata menembaki asrama saat para kadet sedang istirahat.

Lebih dari seratus orang terluka, katanya. Jumlah korban tewas bisa saja bertambah mengingat banyak korban luka berada dalam kondisi yang serius.

Koresponden Al-Jazeera, Kamal Hyder menjelaskan bahwa serangan terhadap fasilitas ini pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 2006 dan 2008, fasilitas ini pernah diserang dengan tembakan roket.

Keadaan darurat dinyatakan di seluruh rumah sakit milik pemerintah di provinsi Balochistan, sementara korban luka telah dipindah ke Rumah Sakit Sipil Quetta dan Bolan Medical Complex.

Para saksi melaporkan telah mendengar setidaknya tiga ledakan yang kemudian mengarah pada serangan. Ada waktu sekitar 30 menit sebelum pihak berwenang Pakistan merespon serangan itu.

Serangan terjadi hanya satu jam setelah orang bersenjata menembak mati dua pegawai dan melukai seorang lainnya di kota Surab, sekitar 145 km selatan kota Quetta.

Sedangkan hari Senin kemarin, dua orang bersenjata dengan sepeda motor telah membunuh seorang polisi intelijen di sebuah kota di barat laut provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Kelompok militan Taliban Pakistan (TTP) mengklaim bertanggung jawab atas serangan. Juru bicara mereka, Muhammad Khurasani, memberikan pernyataan bahwa penembak telah bersembunyi setelah serangan itu.

Pakistan telah mengerahkan tentara operasi untuk melawan kelompok bersenjata di wilayah perbatasan Aghanistan, namun para pelaku penembakan masih bisa melakukan penyerangan. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.