Petinggi politi Houthi (foto),
Menurut media Al-Arabiya, Hassan Yahya al-Sharafi, petinggi politik pemberontak Houthi dan anggota delegasi dalam perundingan di Kuwait tahun ini, telah tewas dalam bentrokan di salah satu wilayah dekat perbatasan Saudi-Yaman.

Sumber tersebut mengatakan bahwa al-Sharafi tewas di wilayah Khubah, selatan Jizan, ketika pasukan Saudi melancarkan operasi serangan balasan terhadap posisi milisi Syi'ah.

Sumber lapangan juga mengungkapkan jika al-Sharafi tewas bersama 23 anggota Houthi lainnya.

Ratusan pelanggaran telah tercatat selama masa gencatan senjata 72 jam, dimana serangan milisi Houthi dan loyalis mantan diktator Ali Abdullah Saleh meningkat pada Jum'at-Sabtu, menurut sumber koalisi Arab.

"Pasukan Koalisi menekankan bahwa respon terhadap sumber tembakan dilakukan sesuai aturan yang disepakati dalam perjanjian (keterlibatan)", dikutip kantor berita Saudi SPA.

"Koalisi Pasukan juga menekankan komitmennya untuk menahan diri atas adanya pelanggaran ini", lanjut pernyataan.

Di Najran, 12 militan Houthi tewas setelah pasukan Saudi yang memukul mundur serangan mereka.

Perbatasan Saudi memang menjadi sasaran serangan dari Yaman. Dimana serangan roket, proyektil dan sniper mengincar kota Jazan dan Najran.

Gencatan senjata telah berakhir pada hari Minggu, membuat jet tempur koalisi segera melakukan serangan udara di ibukota Sana'a yang dikuasai Houthi dan Saleh.

Selama masa gencatan, kedua belah pihak saling tuduh melakukan pelanggaran. (Al-Arabiya/Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.