Asap mengepul di wilayah ISIS di kota Nawran, dekat Mosul, Irak, 23 Oktober 2016. (REUTERS)
Pasukan Kurdi Peshmerga mengatakan mereka telah mengambil alih wilayah Bashiqa dari ISIS, pada Minggu (23/10). Hal tersebut disampaikan oleh pemimpin wilayah otonomi Kurdi Irak Masoud Barzani saat bertemu Menteri Pertahanan AS Ash Carter.

Komandan AS untuk Irak, Letnan Jenderal Stephen Townsend, mengatakan: “Presiden Barzani benar, kita sukses besar di Bashiqa … Namun, saya belum menerima laporan yang mengatakan setiap rumah telah dikosongkan, setiap ISIS telah dibunuh atau setiap ranjau telah dihapus”.

Bashiqa adalah salah satu desa di luar Mosul, Irak yang dikosongkan oleh ISIS dan mereka jadikan sebagai benteng selama 2 tahun terakhir. Penguasaan terhadap Bashiqa menandai selesainya salah satu permasalahan menuju Mosul.

Rekaman televisi Reuters dari Nawran, sebuah kota dekat Bashiqa, menunjukkan petempur Kurdi menggunakan mortir berat, senapan mesin dan beberapa senjata kecil, ditandai dengan munculnya asap di wilayah tersebut.

Mereka menggunakan tank, peluncur roket dan memiliki penembak jitu. Seorang fotografer Reuters melihat mereka menggagalkan setidaknya tiga bom mobil bunuh diri.

Pasukan Peshmerga juga dilengkapi oleh kendaraan lapis baja dan helikopter. Juga didukung artileri Turki, sebagaimana yang disampaikan oleh Perdana Menteri Binali Yildirim di berbagai media.

Serangan terhadap Mosul telah dimulai pada Senin (17/10) lalu. Menteri dalam negeri dari pemerintah otonomi Kurdi menyatakan pasukan gabungan telah mmendekat hingga jarak 5 km dari kota.

Selain Peshmerga, serangan juga dilakukan rezim Irak yang menerjunkan sekitar 30.000 pasukannya, ditambah pasukan khusus AS, pasukan udara Perancis dan Inggris.

Mereka siap untuk menyerang Mosul setelah berhasil di Fallujah dan Ramadi, kota di sebelah barat Baghdad, dan kota Sunni Tikrit di Irak tengah. (Reuters)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.