Kamp pengungsi Suriah di Yordania (foto),
Ribuan pengungsi Suriah terlantar di wilayah timurlaut Yordania. Kamis (6/10), lembaga bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan akan mengirimkan bantuan pertama dalam dua bulan ke depan kepada ribuan pengungsi Suriah.

Dikutip dari Antaranews, lebih dari 75.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, selama beberapa bulan telantar di penampungan darurat di tanah tidak bertuan di dekat perbatasan sisi Suriah, setelah melarikan diri dari wilayah tengah dan timur negeri.

Koordinator Bidang Kependudukan dan Kemanusiaan PBB di Yordania, Edward Kallon, ia menyatakan kondisi sangat buruk pada para pengungsi.

"Mereka itu hidup dalam keadaan sangat..sangat memprihatinkan. Mereka tinggal di tenda darurat, yang tidak terjamin keamanannya", ujarnya.

"Mereka putus asa. Mereka berada di sini demi mendapatkan keselamatan dan keamanan, karena berada di tanah tidak bertuan sehingga mereka tidak dibom", sambungnya.

Di kawasan gurun seperti itu, suhu bisa meningkat hingga 50 derajat Celsius.

Pekerja bantuan internasional menyatakan bahwa pada bulan Juni mereka kehabisan makanan setelah kelompok ekstrimis (ISIS) melakukan serangan bom bunuh diri.

Sehingga memicu militer Yordania menutup akses menuju area tersebut, hanya truk-truk pengangkut air yang boleh masuk.

Namun, bantuan kemanusiaan akan mencapai komunitas tersebut pada 16 Oktober mendatang.

"Kami memberikan makanan, air, kesehatan dasar, dan item-item nonmakanan, termasuk tenda dan pakaian", kata Kallon kepada Thomson Reuters Foundation.

Kallon menyatakan harapannya bahwa bantuan tersebut akan terus berlangsung dan tidak sekali kirim.

Ia juga menambahkan, Program Pangan Dunia PBB, Badan Pengungsian PBB (UNHCR), Badan Anak-anak PBB (UNICEF), Organisasi Internasional Migrasi dan Obat-obatan San Frontieres akan bekerja secara bersama-sama untuk menyalurkan bantuan.

Pemuka masyarakat Suriah di wilayah tersebut akan membantu memberikan bantuan, yang akan dipantau pesawat nirawak. (Antaranews/Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.