Jamaah Haji Indonesia yang tertahan di Filipina
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Departemen Kehakiman Filipina untuk memproses administrasi bagi pemulangan 106 anggota jama'ah haji Indonesia yang menggunakan kuota haji negara itu.

Saat ini Retno dan timnya sedang memproses pemulangan jama'ah haji Indonesia itu hingga 10 Oktober 2016, seperti dilansir Antaranews.

"Sekarang di KBRI Manila sudah ada 106 (anggota) jama'ah haji. Jadi kita masih tunggu sampai tanggal 10 Oktober 2016, karena arus balik terakhir akan terjadi pada 10 Oktober tapi sampai detik ini sudah ada 106 sedang ditangani oleh KBRI Manila", tutur Retno.

Pemerintah Filipina pernah menyebutkan, ada sekitar 700 warga negara Indonesia yang berangkat haji secara ilegal dengan memalsukan identitas negara tetangga tersebut.

“Dulu angka yang diperkirakan sekitar 700 orang, tapi kan kita tidak pernah tahu angka tepatnya. Jadi sekarang yang ditangani KBRI ada 106 orang dan sedang dalam proses pemulangan", jelas Retno.

Sejauh ini, pemerintah telah memulangkan 177 WNI yang ketahuan hendak menggunakan kuota haji Filipina. Mereka dipulangkan kembali ke Indonesia secara bertahap setelah menjalani proses pemeriksaan yang panjang. (Antaranews/rslh-Rp)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.