Pasukan Peshmerga akan serang ISIS
Malaysia telah menetapkan siaga tinggi setelah laporan intelijen yang menyebutkan ribuan anggota Daesh (ISIS) mencoba ‘pulang kampung’, menyusul operasi militer besar-besaran menyerang Mosul, benteng terakhir mereka di Irak utara.

Pasukan Irak mulai bergerak ke Mosul sejak Senin pagi. Pada tengah hari, pasukan Peshmerga dari Pemerintah Otonomi Kurdi juga dilaporkan berhasil merebut 11 desa di timur kota Mosul dari militan ISIS.

Sehingga pada Senin kemarin, Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein, menyatakan peringatan sebagai upaya mengantisipasi jika serangan ke Mosul sukses.

"Jika serangan ini berhasil, maka diperkirakan anggota Daesh (ISIS) akan kembali ke negara mereka masing-masing atau menuju ke tempat lain di wilayah Asia Tenggara", kata Hussein kepada wartawan di lobi parlemen.

Hussein menambahkan, Kementerian Pertahanan dan Tentara Diraja Malaysia telah ditugaskan agar terus memonitor perkembangan konflik di Irak dan Suriah sehingga dapat menentukan langkah ke depannya.

"Kami khawatir bahwa mereka (anggota ISIS) mungkin akan datang ke sini, serta jumlah mereka yang tidak sedikit ... bahkan bisa mencapai ribuan", Hussein menekankan.

Sementara koordinasi trilateral antara Malaysia, Indonesia dan Filipina, akan mengumpulkan laporan intelijen untuk memperkuat dan mengamankan wilayah Asia Tenggara.

Ketiga negara ini pun mengundang Kementerian Pertahanan Brunei agar ikut bergabung untuk memastikan kontrol keamanan yang lebih luas. (Anadolu Agency)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.