Pasukan militer AS di pangkalan udara Qayyara Barat, diimbau gunakan masker pelindung saat beroperasi. (AFP Photo/Ahmad Al-Rubaye)

Militan ISIS meledakan salah satu pabrik sulfur di dekat kota Mosul guna membendung serangan udara dari pasukan Irak yang sedang berupaya merebut kembali kota itu dari mereka.

ISIS menebarkan beberapa bom dan menyirami minyak di sekitar pabrik sulfur di daerah Qayyara, menyebabkan asap membumbung ke udara dan kebakaran.

Sulfur yang terbakar menghasilkan asap dan gas berbahaya yang membumbung ke langit. Asap beracun ini kemudian digunakan untuk mengaburkan pandangan pesawat Irak yang akan menyerang target di bawahnya.

Menurut pejabat AS yang tak dipublikasikan namanya, ISIS meledakan pabrik sulfur saat militannya bertempur melawan pasukan koalisi Irak di sekitar al-Mishraq, selatan Mosul.

Asap yang dihasilkan dari pabrik sulfur yang terbakar memancarkan racun sehingga mempersulit operasi militer Irak di kawasan tersebut.

Akibatnya, ratusan orang membutuhkan perawatan medis karena terpapar asap dan gas sulfur yang terbakar itu, menurut laporan Reuters.

Berdasarkan penuturan sumber dari rumah sakit di sekitar Qayyara, sedikitnya 1.000 orang menderita masalah pernafasan dan harus menerima perawatan medis akibat bau tajam asap sulfur.

Pihak rumah sakit belum menyatakan adanya korban jiwa atas taktik yang digunakan oleh militan ISIS. (CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.