Milisi Syi'ah Hashd al-Shaabi dikerahkan rezim Baghdad ke Mosul
Milisi Syi'ah Irak yang didukung Iran akan bergabung dalam perang melawan militan ISIS di barat Mosul.

Langkah ini dilakukan untuk memblokir jalan bagi ISIS ke arah Suriah, namun keberadaan milisi Syi'ah menimbulkan kekhawatiran bagi Turki dan Amerika Serikat.

Milisi Syi'ah, dengan ribuan petempur yang dilatih oleh Iran, memang akan membawa kekuatan tambahan untuk pertempuran Mosul.

Akan tetapi kedatangan mereka di medan perang, juga menciptakan kekhawatiran bagi Barat dan negara Sunni.

Mereka khawatir milisi Syi'ah mengusir warga Sunni di sekitar daerah pertempuran. Sebagaimana yang terjadi sebelumnya di kota-kota yang direbut dari ISIS.

Kelompok-kelompok HAM telah meminta Baghdad agar menjauhkan petempur Syi'ah dari medan perang, khawatir milisi sektarian itu akan melakukan pembunuhan dan penculikan di daerah yang telah bersih dari ISIS.

Seorang juru bicara milisi mengatakan, penyerangan terhadap kota Tal Afar (sekitar 55 km dari barat Mosul) yang dikuasai oleh ISIS, akan dimulai dalam "beberapa hari atau jam". Jika berhasil, serangan ini akan membuat ISIS terkepung.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ahmed al-Asadi, juru bicara milisi Syi'ah yang dikenal sebagai kelompok Hashid Shaabi atau pasukan Mobilisasi Populer

"Ini adalah jalur yang paling penting dan berbahaya karena menghubungkan Mosul ke Raqqah dan merupakan satu-satunya jalur suplai ISIS", katanya.

Penyerangan milisi Syi'ah di Tal Afar akan menargetkan area yang dekat dengan Turki, yang juga merupakan tempat tinggal etnis Turkmen.

Menteri luar negri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, pihaknya akan mengawasi serangan-serangan yang terjadi di Tal Afar.

Populasi Tal Afar didominasi oleh Muslim Sunni maupun penganut Syi'ah dari etnis Turkmen (etnis Turki), dimana kaum Syi'ah telah melarikan diri sejak dua tahun lalu saat ISIS mengambill alih kota tersebut. (Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.