Burkan 1, modifikasi rudal Scud (foto),
Koalisi Arab Saudi mengklaim berhasil mencegat rudal balistik yang mendekati kota suci Mekkah. Serangan rudal ini diketahui diluncurkan dari wilayah Yaman.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Kantor berita Saudi, SPA, rudal berhasil dihancurkan pada Kamis (27/10), hanya 65 kilometer dari kota tersuci umat Muslim. Peristiwa itu tidak menimbulkan kerusakan atau korban manusia.

SPA juga menyebut bahwa rudal diluncurkan dari provinsi Saada, wilayah yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houthi di Yaman.

Sementara itu, kelompok Houthi telah mengeluarkan keterangan terkait serangan, lewat pernyataan resmi yang disiarkan kantor berita mereka. Houthi mengonfirmasi serangan rudal Burkan-1 itu.

Namun, berdasar sumber Reuters, serangan rudal bukan diarahkan ke Mekkah, melainkan ke Bandara Internasional King Abdullaziz di Jeddah, salah satu bandara tersibuk di dunia.

Menurut situs Syi'ah pro Houthi, rudal Burkan-1 adalah jenis modifikasi rudal Scud yang dimiliki militer Yaman. Dimana loyalis mantan diktator Ali Abdullah Saleh, adalah partisi kuat di tubuh militer.

Modifikasi rudal diyakini membuat daya jangkaunya menjadi lebih jauh.

Militan Syi'ah memang kerap menargetkan sejumlah kota perbatasan Saudi, termasuk menggunakan rudal Scud, sejak Riyadh memimpin serangan udara di Yaman pada Maret 2015 untuk membantu pemerintah sah.

Houthi, yang dibekingi Iran dan Saleh, melakukan pemberontakan serta pendudukan sepihak ibukota melawan presiden Mansour Hadi.

Sejauh ini, PBB memperkirakan jumlah korban tewas dalam konflik Yaman telah mencapai 10 ribu orang, terdiri dari warga sipil dan kelompok bersenjata.

Sementara sekitar 14 juta, dari 26 juta warga Yaman, terjebak atau terkena dampak konflik.

Yaman merupakan salah satu negara termiskin di Arab. Konflik ini telah memperparah krisis pangan di negeri itu.

Diperkirakan 7 juta dari 14 juta warga Yaman yang terjebak di wilayah pertempuran terancam alami krisis pangan. (CNN Indonesia/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.