ilustrasi charity (giki.org)

Indonesia menempati urutan ketujuh daftar negara paling dermawan di dunia, menurut peringkat yang disusun Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2016, dengan tingkat kedermawanan mencapai 56%, dilansir dari BBC Indonesia.

Daftar tersebut disusun dengan memperhatikan sejumlah faktor seperti sumbangan berupa uang, bantuan untuk orang asing, dan kegiatan yang bersifat suka rela.

Myanmar menempati urutan pertama, dan ini adalah kali ketiga mereka berada di puncak. Tingkat kedermawanan yang mereka capai adalah 70%.

Tingginya tingkat kedermawanan ini tercermin dalam praktik 'Sangha Dana' yaitu donasi atau sumbangan untuk orang-orang yang hidup di wihara. Tak kurang dari 91% warga di Myanmar mengeluarkan sumbangan ini.

Amerika Serikat menempati urutan kedua dengan tingkat kedermawanan 61%, disusul Australia dengan 60%, Selandia Baru 59%, Sri Lanka 57%, dan Kanada 56%.

Di bawah Indonesia, ada Inggris dengan 54%, yang menjadikan Inggris negara paling dermawan di Eropa, kemudian Irlandia 54% dan di posisi sepuluh, Uni Emirat Arab dengan 53%.

CAF World Giving Index juga menobatkan Irak sebagai negara yang paling dermawan terhadap orang asing. Selama sebulan lalu, delapan dari 10 warga di Irak memberikan bantuan kepada orang yang tidak mereka kenal.

Sementara itu, Cina dikatakan sebagai negara yang paling tidak dermawan.
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.