Ilustasi deklarasi GMN (Purwakata Post)

Kini menamatkan bacaan Al-Qur'an bisa dilakukan dimana saja. Gerakan Nusantara Mengaji telah meluncurkan aplikasi khataman Al-Qur'an daring (online) pertama di dunia yang bisa diakses melalui telepon pintar.

"Dengan aplikasi ini masyarakat dapat terhubung secara bersama-sama melaksanakan khataman Al-Qur'an serentak", kata Koordinator Nasional Mengaji, Jazilul Fawaid dalam acara Khataman Akbar Nusantara Mengaji di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Jazil menuturkan bahwa aplikasi ini diharapkan dapat membuat masyarakat menjadi lebih dekat dengan Al-Qur'an. Dengan begitu masyarakat menjadi mudah untuk membaca Al-Qur'an kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini juga sudah dapat diunduh di Google Store.

Aplikasi ini dilengkapi fitur untuk memilih juz, sehingga setiap pengguna bisa memilih satu atau beberapa juz yang akan dibaca.

Dewan Penasihat Nusantara Mengaji, Prof. K.H. Akhsin Sakho Muhammad menambahkan, dengan aplikasi ini khataman Al-Qur'an bisa dilaksanakan bersama-sama oleh pengguna yang sudah memilih juz tadi.

"Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan", kata pakar Al-Qur'an lulusan Madinah ini.

Selain Al-Qur'an, aplikasi berbasis android ini juga menyajikan berbagai informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.

"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahim kita", katanya.

Peluncuran aplikasi ini mendapat apresiasi positif dari Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri. Ia meilai bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat sebagai upaya penting sekaligus memberikan bekal ilmu agama bagi anak muda.

"Jumlah mereka besar, dengan aplikasi semacam ini diharapkan mampu mendekatkan mereka pada Alquran dan membuat mereka mencintai Al-Qur'an", katanya. (Antaranews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.