Kalimat dilingkari merah adalah paragraf bermasalah
Pemirsa Risalah kembali menunjukkan sebuah berita bermasalah yang dimuat situs Republika.co.id berkaitan dengan Suriah. Judul berita tersebut ialah:

"Serangan Udara Hantam Komplek Sekolah di Suriah"

Berita Republika tertanggal Rabu, 26 Oktober 2016 itu dibuka dengan kalimat:

"Serangan udara yang dilancarkan oleh pemberontak yang menguasai Provinsi Idlib, Suriah, telah menewaskan setidaknya 17 orang. Menurut aktivis Suriah, sebagian besar korban tewas tersebut merupakan dari kalangan anak-anak sekolah"

Perlu diketahui bahwa pelaku serangan udara di Idlib adalah antara militer rezim Assad atau Rusia, sebagai pemegang kendali superioritas udara dalam perang di wilayah oposisi.

Kelompok oposisi atau pemberontak bersenjata tidak memiliki kemampuan serangan udara apapun.

Dalam berita-berita selanjutnya tentang tema ini (desa Hass), Republika memang tidak lagi "mengkambing hitamkan" kelompok oposisi, yang mayoritas adalah Muslim Sunni.

Yaitu pada berita tertanggal 27 Oktober, yang menuliskan pelaku serangan itu antara rezim Damaskus atau Moskow.

Tetapi belum ada ralat atau klarifikasi dari redaksi untuk membatalkan dan mengoreksi berita 26 Oktober, sehingga pembaca lebih jernih dalam memastikan kebenaran, menurut pemirsa Risalah.

Sebelum ini, Republika memuat gambar kelompok Jaisyul Islam pada berita serangan rudal dekat Mekkah oleh militan Syi'ah Houthi di Yaman, yang juga diprotes beberapa pemirsa dan diadukan pada redaksi Risalah.

Sementara pada 16 Maret 2016, Republika memuat berita bersumber dari tokoh Suriah Taufiq al-Buthi.

Taufiq menuduh pengumpulan dana (dari Indonesia) yang diniatkan untuk disumbangkan kepada Suriah, tidak akan sampai kepada masyarakat di Suriah.

Menurut Taufiq, donasi akan diberikan kepada rumah sakit penerima korban perang di Suriah, yang mana selalu diarahkan untuk dibawa ke rumah sakit Israel.

Berita yang mengambil narasumber Taufiq al-Buthi dianggap tidak cover both side, dengan muatan berisi tuduhan sepihak, sehingga menghasilkan klarifikasi dari lembaga kemanusiaan Indonesia, Misi Medis Suriah melalui Risalah. (Redaksi)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

1 comments so far,Add yours

  1. udah tau lah mas rep**lika, kan suka kayak gitu, nakal

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.