Menlu AS John Kerry (foto),
Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Rabu mendesak kelompok Islamis Taliban Afghanistan untuk mencontoh salah satu komandan perang yang sebelumnya dikenal "jelek" namun bisa menciptakan perdamaian “terhormat” dengan pemerintah Kabul.

"Ada jalan menuju akhir terhormat atas konflik yang dilakukan Taliban, jalan itu adalah dengan (mau) menyelesaikan konflik yang tidak bisa dimenangkan di medan perang", kata Kerry pada konferensi negara donor internasional di Brussels.

Kerry mengatakan kesepakatan damai yang ditandatangani bulan lalu oleh Gulbuddin Hekmatyar, yang mengepalai kelompok Hizbul-Islami dan merupakan tokoh kunci dalam perang Afghanistan pada 1990-an, adalah contoh bahwa semua yang mungkin, bisa direalisasikan.

“Mungkin pesan yang cocok untuk Taliban adalah: Lihat itu!”, lanjut Kerry.

Kerry menambahkan, kesepakatan damai kenyataannya akan memberikan tujuan Taliban, yaitu untuk "mengusir pasukan asing" dari Afghanistan.

"Sebuah penyelesaian politik yang dinegosiasikan dengan pemerintah Afghanistan merupakan satu-satunya cara mengakhiri pertempuran, memastikan stabilitas permanen, dan penarikan seutuhnya pasukan militer internasional, yang merupakan tujuan mereka", ujar Kerry.

"Tujuan mereka untuk mengusir kekuatan asing di Afghanistan tidak akan tercapai dengan pemberontakan (angkat senjata) yang berlangsung terus-menerus, semuanya hanya akan selesai dengan cara negosiasi damai", pungkasnya.

Sebelumnya Taliban adalah penguasa Afghanistan, antara tahun 1996 s/d 2001, sebelum invasi AS dengan tuduhan "melindungi al-Qaeda" atau "sponsor terorisme".

AS kemudian membentuk pemerintahan "Demokratis" di Kabul yang menjadi sekutunya hingga hari ini.

Afghanistan sendiri adalah negara kaya mineral, namun akibat perang terus-menerus membuat investasi sektor ini oleh asing tak pernah berjalan sesuai yang diharapkan. (AFP/rslh)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.