Kolonel Jon Dorrian

Pasukan koalisi pimpinan AS pada Minggu (23/10) menyangkal bahwa satu dari pesawat tempurnya terlibat dalam serangan udara di wilayah Kirkuk, hari Jum'at lalu.

Serangan itu mengakibatkan 15 orang tewas dan 50 orang luka, menurut keterangan juru bicara koalisis AS, Kol. John Dorrian, kepada Arabnews.

Dalam wawancara itu, Dorrian mengatakan investigasi memperlihatkan jika tidak ada satupun pesawat tempur AS yang melakukan serangan udara ke daerah yang disebutkan.

Ia juga menyatakan pimpinan koalisi sedang berkordinasi dengan tentara Irak untuk memastikan siapa yang berada di balik serangan ini.

“Kami telah benar-benar memastikan bahwa pasukan koalisi tidak terlibat dalam serangan yang menewaskan warga sipil di Kirkuk”, ucap Kolonel Dorrian.

“Apa yang kami lakukan adalah ikut berdiskusi bersama pasukan udara Irak agar mereka menetapkan bahwasannya satu dari serangan udaranya mungkin saja yang melakukan serangan itu. Apa yang sudah kami lakukan adalah mengecek catatan penerbangan dan serangan kami, kemudian memastikan bahwa kami tidak terlibat dalam serangan yang memakan korban tersebut”, lanjutnya.

Sebuah serangan udara menewaskan 15 wanita hari Jum’at lalu di sebuah kuil dekat kota Kirkuk, utara Irak, menurut penuturan pejabat setempat dan staff medis yang bertugas.

“Lima belas wanita tewas dan 50 lainnya terluka dalam penggempuran yang ditargetkan di Shiite, tempat ibadah di Dafuq, dekat Kirkuk”, mengutip kepala petugas setempat kepada AFP.

"Ini berarti sesuatu telah terjadi dalam tubuh pasukan Irak... penafsiran saya mereka akan melakukan serangkaian investigasi serta menentukan apa yang sebenarnya terjadi", tambah juru bicara pasukan koalisi AS.

Sementara Menteri Pertahanan AS, Ash Carter, mengunjungi Irbil pada Minggu guna mengamati lebih dekat dugaan serangan terhadap Daesh (ISIS) di Utara Irak dan bertemu pemimpin Kurdi. (Arabnews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.