Aliran Khilafatul Muslimin
Pimpinan Khilafatul Muslimin Wilayah Lampung Timur Fathul Inam menilai, tidaklah tepat memaksakan pemimpin di Indonesia harus beragama Islam.

"Kalau di negara Islam, ya harus beragama Islam pemimpinya, tapi di negara dengan sistem pemerintahan bukan Islam ya tidak harus, siapa saja boleh memimpin", jelas Fathul pada Minggu (23/10), dilansir Antara.

Hal tersebut dikarenakan negara Indonesia menganut paham Pancasila dan sistem pemerintahannya demokrasi.

"Meskipun Islam menganjurkan pemimpin bagi umat Islam wajib beragama Islam, tapi di negara Indonesia yang menganut Pancasila dan adalah negara demokrasi, ya tidak harus beragama Islam, nanti umat agama lainnya marah", ujar Fathul.

Menurutnya, banyak umat Islam yang belum memahami pemimpin dalam konsep Islam. Khilafah atau pemimpin umat Islam adalah pemimpin seluruh umat di dunia.

"Pemimpin dalam konsep Islam adalah sorang khilafah, jadi bukan pemimpin seperti bupati, gubernur atau presiden, jadi masih banyak yang belum paham konsep pemimpin dalam Islam", pungkasnya.

Aliran Khilafatul Muslimin sendiri sering disorot sebagai aliran sesat dan menyesatkan, pasalnya mendeklarasikan kepemimpinan khalifah pada kelompok itu.

Terkait politik kenegaraan, aliran ini bersikap apatis, karena diyakini bukan domain Islam dan tidak mengurusi negara yang terbatas, melainkan seluruh dunia Islam. (Antaranews/rslh)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.