Hujan deras tak halangi acara tahunan itu (foto),

Pesta Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2016 sukses diselenggarakan Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Wisatawan domestik dan mancanegara ikut menyaksikan acara penutupan.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, pemerintah provinsi serius mendukung dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah. Pesta Budaya Tabuik ini diharapkan dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

"Pemerintah Provinsi menilai Pesta Budaya Tabuik layak dijadikan sebagai agenda pariwisata berskala nasional karena mampu menarik para pelancong dari dalam maupun negeri", kata Irwan.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Iran, Octavino Alimudin juga sepakat Pesta Budaya Tabuik ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Sektor pariwisata bisa menjadi magnet tersendiri bagi pelancong mancanegara.

"Tradisi Pesta Budaya Tabuik diketahui sudah berlangsung sejak (tahun) 1820 silam, dan hingga saat ini tetap mampu bertahan dalam menunjang sektor pariwisata", katanya.

Menurutnya, kehadiran pelancong asal Iran di Sumbar cukup banyak. Ia berharap penyelenggaraan Pesta Budaya Tabuik selanjutnya mampu mendatangkan kurang lebih 2000 wisatawan asal Iran.

Pesta ini dinilai bisa menjadi modal besar daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata Sumbar.

"Setiap tahun kurang lebih tercatat 7000 wisatawan asal Iran yang melancong ke Indonesia, hal tersebut karena negara kita memiliki berbagai keindahan objek wisata", ujarnya.

Prosesi pelaksanaan Pesta Budaya Tabuik sendiri sempat terhenti beberapa jam akibat hujan deras disertai badai yang mengguyur kota itu sejak Minggu pagi.

Prosesi 'Tabuik Naiak Pangkek' baru bisa dilanjutkan setelah hujan reda sekitar pukul 14.00 WIB. Pihak penyelenggara baru bisa membawa Tabuik ke Pantai Gandoriah untuk dibuang ke laut bebas.

Acara tabuik ini kerap dianggap sebagai peninggalan Syi'ah, sehingga menimbulkan kontroversi di kalangan umat Islam. (Metrotvnews/Antaranews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.