Pasukan Irak dan Peshmerga bersiap serang Mosul (foto),
Badan pengungsi PBB, UNHCR, memperkirakan sekitar 100 ribu warga Irak melarikan diri dari operasi militer pemerintah Irak di kota Mosul, yang berupaya merebut kembali kota itu dari kelompok militan ISIS.

UNHCR memperkirakan, warga Irak mungkin melarikan diri ke Suriah dan Turki. Lembaga ini tengah berupaya mengumpulkan dana tambahan sebesar USD 61 juta untuk menyediakan tenda, kamp, pakaian musim dingin dan kompor untuk para pengungsi di Irak dan dua negara tetangga itu.

"UNHCR prihatin bahwa operasi di Mosul dapat menyebabkan hingga 100 ribu warga Irak mengungsi ke Suriah dan Turki", bunyi pernyataan lembaga itu pada Senin (17/10), dikutip CNN Indonesia dari Reuters.

"Rencana kesiapsiagaan sedang berlangsung di Suriah untuk menerima hingga 90 ribu pengungsi Irak", bunyi pernyataan itu.

Operasi untuk membebaskan Mosul dari ISIS dimulai pada Senin pagi. pertempuran diperkirakan akan berlangsung selama beberapa minggu bahkan bulan.

Jika didasarkan pada apa yang sebelumnya terjadi dalam perebutan Falluja dan Ramadi dari ISIS, maka Mosul diperkirakan akan kacau.

Serangan merebut Mosul sendiri telah dipersiapkan cukup lama. Pasukan AS dan Irak telah menggempur target ISIS di Mosul bahkan selama setahun. Baru-baru ini, AS mengumumkan penurunan 600 pasukan tambahan untuk operasi Mosul.

Puluhan penasihat militer AS dan Inggris terlibat dalam persiapan merebut Mosul, begitu pula sebuah unit artileri AS yang akan memberi perlindungan bagi pasukan di selatan Mosul.

ISIS, di lain pihak, dilaporkan mulai membangun terowongan yang dipersiapkan untuk meninggalkan kota terbesar kedua di Irak tersebut. AS memperkirakan terdapat 3.500 hingga 5.000 militan ISIS di Mosul.

Sebelum direbut ISIS, Mosul dihuni oleh lebih dari 2 juta orang. Dan saat ini, masih terdapat sekitar 1 juta warga yang tinggal di kota itu. (CNN Indonesia)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.