Penangkapan tersangka teroris (foto Detik),
Tersangka terorisme AR alias Abu Fauzan ditangkap di Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu pagi, diketahui berperan mengatur keberangkatan para WNI yang hendak ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Ia tercatat setidaknya telah tiga kali memberangkatkan WNI ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok ultra ekstrimis itu.

"Ada minimal tiga pemberangkatan yang berhasil lolos, di antaranya Oktober, November 2015 dan Januari 2016", ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/9).

"Abu Fauzan telah ditetapkan sebagai tersangka dan sekarang masih diperiksa", lanjutnya.

Dalam pemeriksaannya, selain sebagai fasilitator pemberangkatan WNI, terungkap pula bahwa Abu Fauzan juga memberikan motivasi dan pembekalan kepada para WNI sebelum mereka diberangkatkan ke Suriah.

"Dia memberikan motivasi dan pembekalan jawaban-jawaban bohong apa yang harus dikemukakan untuk mengantisipasi kalau para WNI tertangkap", kata Boy.

Sementara polisi kini masih mengusut kemungkinan adanya pihak lain yang menyuruh Abu Fauzan untuk memberangkatkan WNI ke Suriah.

"Masih didalami perannya, apa dia bekerja sendiri, apa disuruh", katanya.

Penangkapan Abu Fauzan dilakukan berdasarkan keterangan tiga tersangka lainnya yakni ANF, A dan W yang telah ditangkap lebih dulu.

Ketiganya adalah WNI yang hendak diberangkatkan ke Suriah oleh Abu Fauzan. Bahkan tersangka W yang merupakan seorang wanita diketahui turut mendanai keberangkatan para WNI ke Suriah.

"Masih ditelusuri apakah ini dana pribadi atau diperoleh dari pihak lain", jelasnya.

Dalam penangkapan ketiga tersangka, diamankan pula empat orang lainnya, tapi mereka hanya ditetapkan sebagai saksi.

Atas perbuatannya, ANF, A, W dan Abu Fauzan dijerat dengan pelanggaran Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. (Antaranews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.