Kapal dari Mesir itu mengangkut imigran dari Timteng dan Afrika (foto),
Jumlah jenazah yang ditemukan setelah sebuah kapal pembawa migran terbalik di lepas pantai Mesir mencapai sekitar 162 orang, sementara pencarian masih terus dilakukan.

Kapal tersebut diyakini membawa antara 450 hingga 600 orang ketika berlayar di perairan yang berjarak sekitar 12 km dari pelabuhan Rosetta, Delta Sungai Nil, Rabu (21/09).

Jumlah tewas total diperkirakan bisa mencapai 300 orang, seperti laporan pada Jum'at (23/9).

Para penumpang adalah imigran atau pencari suaka dari Mesir, Suriah, Sudan, Eritrea dan Somalia.

Pihak berwenang Mesir mengatakan setidaknya 163 orang telah diselamatkan. Sejumlah korban selamat mengatakan kepada BBC, bahwa lebih dari 100 orang mungkin masih tenggelam.

Korban selamat juga mengungkapkan, pelaku penyelundupan memaksa siapa saja yang menginginkan jaket pelampung agar membayar uang ekstra.

4 awak kapal telah ditangkap karena dituduh melakukan pembunuhan berencana dan perdagangan manusia, kata pejabat Mesir.

Kapal, yang telah berlabuh selama lima hari di lepas pantai ini ingin membawa sebanyak mungkin para migran, namun akhirnya terbalik karena ada tambahan sekitar 150 orang yang naik secara berdesakan ke atas kapal.

Insiden terjadi setelah Kepala Badan Urusan Perbatasan Uni Eropa, Frontex, memperingatkan semakin banyaknya pendatang yang menggunakan Mesir sebagai titik keberangkatan menuju Eropa.

Frontex memperkirakan, sebanyak 12.000 lebih pendatang tiba di Italia dari Mesir sepanjang Januari hingga September, atau meningkat dari 7.000 pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Lebih dari 10.000 orang tewas ketika melintasi laut Mediterania menuju Eropa sejak 2014, menurut PBB.

Penyelundupan imigran menuju Eropa telah menjadi bisnis tersendiri bagi pemilik kapal dan pelaku perdagangan manusia. Mengabaikan keselamatan pelayaran demi membawa sebanyak mungkin orang ke Eropa. (BBC Indonesia)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.