Tarekat Naqsabandiyah selalu berbeda, termasuk Idul Fitri lalu (foto),
Seratusan orang dari jama'ah Tarekat sufi Naqsabandiyah, di Sumatera Barat, melaksanakan shalat Idul Adha 1437 Hijriah di Surau Baitul Makmur, Kecamatan Pauh Padang, Sabtu (10/9).

Atau lebih cepat 2 hari dari waktu hari raya yang ditetapkan di Indonesia dan Arab Saudi.

"Kami menetapkan Idul Adha dari metode hisab munjid dan rukyatul hilal atau melihat bulan. Berdasarkan itu Idul Adha 1437 H jatuh pada hari ini", kata pemimpin Naqsabandiyah Sumbar, Syafri Malin Mudo, usai shalat di Padang, Sabtu.

Ia menjelaskan, bagi tarekatnya penentuan Idul Qurban atau Hari Raya Haji dilakukan sama secara turun temurun, yakni 100 hari setelah awal Ramadhan. Dimana tarekatnya menetapkannya menjadi awal 10 Zulhijah atau Idul Adha.

"Hal inilah yang membedakan dengan tarekat lainnya di dunia. Secara pelaksanaan tetap sama dengan Idul Fitri shalat sunnah dua rakaat dan takbir lima dan tujuh", lanjut Syafri

Secara keseluruhan, jama'ah Naqsabandiyah di Sumbar berjumlah 5.000 orang dan secara serentak melaksanakan shalat Idul Adha hari ini.

Jama'ah itu tersebar di Padang, Solok, Solok Selatan, Padangpariaman, dan Pesisir Selatan.

Selain di Surau Baitul Makmur, shalat Idul Adha juga dilaksanakan oleh pengikut Naqsabandiyah di Surau Baru, Kecamatan Pauh Padang.

Meski dilaksanakan pada hari yang sama, tetapi pelaksanaan shalat Id di Surau Baru lebih cepat sekitar satu jam dari surau Baitul Makmur.

Pelaksanaan sholat di Surau Baru dimulai sekitar pukul 07.00 WIB sementara di Surau Baitul Makmur dimulai sekitar pukul 07.46 WIB.

Jum'at malam kemarin, mereka sudah melaksanakan takbiran menyambut Idul Adha.

"Mungkin waktu pelaksanaannya berbeda, tetapi secara sunnah dan fardu tarekatnya tidak berbeda dengan lainnya", kata Anton, anggota Tarekat Naqsabandiyah, seraya berharap warga lain dapat menghormati perbedaan pelaksanaan Idul Adha.

Setelah shalat Idul Adha, jama'ah melanjutkannya dengan penyembelihan dan pembagian hewan kurban. (Antaranews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.