Petugas kesehatan Saudi (foto),
Kementerian Kesehatan Arab Saudi menerjunkan 26.000 petugasnya untuk melayani para tamu Allah selama musim haji 1437 Hijriyah.

"Para petugas termasuk tim medis, administrasi dan teknis dari berbagai wilayah Kerajaan, mereka telah berada di posisinya masing-masing", kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan.

Kementerian juga ingin mengajak warga Saudi di berbagai daerah agar ikut berpartisipasi dalam melayani jama'ah, serta menunjukkan adanya peran bersama dari semua warga pada hajatan besar umat Islam kali ini.

Dalam beberapa minggu terakhir, telah dilakukan lebih dari 1.000 program pelatihan di semua fasilitas kesehatan bagi tugas medis di tanah suci.

"Program-program ini bertujuan melatih mereka untuk menangani masalah kesehatan dan mengetahui mekanisme kerja maupun prosedur yang harus dilakukan saat mengelola kumpulan massa, pemilahan kasus, serta mengintensifkan upaya pencegahan dan pengobatan", lanjut pejabat itu.

Pelatihan itu termasuk diskusi tentang perkembangan terbaru dunia kesehatan dan aspek medis secara keseluruhan.

Rumah sakit di Mekkah dan Madinah telah menerima 12.433 pasien jama'ah haji, dengan memberikan semua layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Menurut rincian catatan medis dari Mekkah dan Madinah, sebanyak 86 jama'ah dirawat, 309 rawat inap, 96 melakukan cuci darah, operasi jantung pada seorang pasien di Madinah, 13 pasien kateterisasi di Mekkah dan 5 di Madinah, 177 kondisi darurat di Mekkah serta 92 di Madinah.

Adapun sepanjang 4 Agustus hingga 4 September, rumah sakit dan pusat kesehatan di Mekkah-Madinah menerima pemeriksaan 202.723 jama'ah haji.

Sebanyak 428 jama'ah harus dirawat, 1005 orang menjalani cuci darah, 18 operasi jantung dan 210 kateterisasi jantung.

Tim medis juga didukung oleh 177 armada ambulans untuk wilayah ibadah haji, yaitu Mekkah, Madinah, Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Armada ambulans mencakup 120 ambulans kecil dan 57 kendaraan besar. Semuanya akan digunakan untuk mengangkut jama'ah haji yang sakit dari klinik ke rumah sakit di sekitar tanah suci umat Islam. (Arabnews)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.