Bantuan bagi warga Aleppo timur (foto),
Di tengah gempuran hebat jet tempur Rusia/Assad ke jalur yang telah dibuka oposisi Sunni menuju Aleppo timur, pengiriman berbagai bahan pangan terus diusahakan.

Truk-truk pejuang Sunni yang bermuatan penuh sayuran atau buah-buahan kembali tiba pada hari Rabu ke berbagai kawasan di bagian timur kota Aleppo.

Warga lokal mengucapkan rasa terima kasihnya atas keberhasilan menembus pengepungan ke kota itu dari barikade rezim Assad dan milisi Syi'ah asing.

"Kami berterima kasih kepada Jaisyul Mujahidin secara khusus dan semua kelompok pejuang oposisi secara umum, karena berhasil menembus blokade rezim Assad dan mengirim truk (bantuan) ini ke wilayah kami", kata seorang pria tua dalam video yang diterbitkan kantor berita lokal, Qasion.

Pengiriman bantuan ke Aleppo timur telah mulai dilakukan sejak hari Minggu (7/8), setelah sehari sebelumnya oposisi berhasil memukul barikade terakhir rezim Assad di distrik Ramusah.

Sejak saat itu, pasar-pasar yang selama berminggu-minggu telah kehabisan stok, mulai sedikit bergairah.

Sedikit stok sayuran mulai terlihat di pasar Aleppo timur
Wilayah timur kota Aleppo adalah daerah yang dikuasai oleh pejuang oposisi Sunni. Sementara Aleppo barat dikuasai rezim Assad dan sekutunya.

Sebelumnya, pasukan Assad dan sekutunya telah memutus jalan Castello, rute tunggal menuju kota Aleppo timur di utara kota.

Pengepungan ke Aleppo timur secara efektif mulai terjadi pada bulan Juli lalu, melalui operasi militer rezim Assad untuk memotong suplai bagi pengiriman persediaan makanan dan peralatan medis kepada warga sipil yang diperkirakan mencapai 300 ribu orang.

Namun pejuang oposisi berhasil menembus pengepungan melalui jalur baru di barat daya kota. Mereka juga mengambil alih pangkalan militer terkuat rezim di Aleppo, yang terdiri dari pangkalan altileri, akademi altileri dan akademi penerbangan. (Orient-news/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.