Anggota militer Iran dikirim pulang dalam peti mayat (foto),
Selain merilis korban sipil sepanjang bulan Juli 2016, dengan sekitar 60% terbunuh oleh rezim Suriah dan sekutunya, kelompok pemantau SOHR juga merinci jumlah pasukan militer, milisi atau kombatan yang tewas pada periode itu.

Menurut SOHR, ada 1291 orang anggota militer di pihak rezim Assad dan sekutunya yang tewas pada bulan lalu. Berikut rinciannya,

Pasukan resmi rezim (SAA): 554 orang
Anggota milisi Suriah seperti Syabihah, loyalis Ba'ats dan lainnya: 643 orang
Milisi dari kelompok teroris Hezbollah Lebanon: 4 orang
milisi Syi'ah asing dari Iran, Irak, Afghanistan dan mungkin anggota "pasukan elit" Garda Revolusi Iran: 90 orang

Korban tewas tak teridentifikasi: 31 orang

Tentara dan perwira yang membelot: 3 orang

Anggota kelompok/faksi militer (non negara) berkewarganegaraan Suriah, sebanyak 617 orang. Mereka berasal dari berbagai kelompok militer seperti FSA, faksi-faksi oposisi Islamis, maupun kelompok Kurdi (SDF) yang dicampur jumlahnya oleh SOHR.

Anggota kelompok/faksi militer (non negara) berkewarganegaraan bukan Suriah, sebanyak 1262 orang. Mereka berasal dari berbagai kelompok militer seperti ISIS, Jabhah Fahu Syam (eks Jabhah Nushrah), Hizbul Islam Turkistani, kelompok Muhajirin dan lain-lain. Data ini juga diicampur oleh SOHR.

Analisa redaksi Risalah, ada 3 hal yang harus diketahui dari data SOHR ini:
1. Data SOHR tidak merepresentasikan pembagian jumlah korban berdasar pihak yang berperang dan sebab tewasnya. Yaitu ada 4 sisi utama, terdiri dari pihak rezim Assad (pemerintah diakui), kelompok oposisi dan sekutunya (termasuk Jabhah Fathu Syam), militan Kurdi dan kelompok ISIS.

2. Data yang dirilis ini merupakan jumlah yang tercatat, atau dari hasil pemantauan yang dilaporkan dan sumber-sumber pengumpulan berbeda-beda. Karena masing-masing pihak yang berperang tidak pernah merinci jumlah korban dari pihaknya sendiri. Untuk kepentingan perang, mereka "meminimalisir" jumlah tewas yang diumkan ke publik. Ada kemungkinan jumlah sebenarnya jauh lebih besar.

3. Jumlah-jumlah korban yang dirilis SOHR sifatnya moderat, artinya lebih banyak dari yang diakui suatu pihak, namun lebih sedikit dari yang dituduhkan oleh pihak lain.

(SOHR/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.