Pasar di Aleppo timur (foto SRN),
Kelompok aktivis media sosial Syrian Revolution Network, mengunggah foto kondisi pasar di Aleppo timur setelah pengepungan rezim Assad dan milisi Syi'ah ditembus oleh pejuang oposisi.

"Setelah serangan besar Aleppo berhasil menjebol barikade kepungan (rezim), di Aleppo timur mulai hari ini distribusi barang kebutuhan mengalir ke pasar-pasar", tulis SRN.

Namun menurut kelompok pemantau SOHR, oposisi belum sepenuhnya berhasil menentukan jalur suplai aman menuju kota tersebut.

Pada hari Sabtu (6/8) petang waktu Suriah, kelompok oposisi Jaisyul Fath dan Fathu Halab mengumumkan telah menembus blokade kota, setelah menguasai bundaran jalan di distrik Ramusah. Sementara tentara Assad menarik diri dari pos terakhirnya.

Keberhasilan ini terjadi di tengah serangan udara Rusia/Assad ke lokasi pertempuran di sekitar kompleks akademi militer.

Dengan keuntungan ini, pejuang oposisi Sunni dari berbagai faksi segera mengumumkan operasi lanjutan untuk memperluas pembebasan daerah-daerah di sekitar kota, seperti kompleks apartemen 3000 dan Hamdayah.

Koalisi pejuang Sunni dalam Fathu Halab berjanji akan melindungi semua warga sipil yang melarikan diri ke wilayahnya, tanpa melihat latar belakangnya.

Sedangkan mereka yang berpihak pada rezim dan memperjuangkannya, maka akan menanggung risikonya sendiri (jika terjadi pertempuran).

"Kami akan selalu melindungi kehidupan setiap warga negara Suriah mengecualikan loyalitas atau latar belakangnya. Kami menekankan bahwa membuka jalur ke daerah terkepung baru satu langkah untuk menuju pembebasan setiap inci Aleppo secara khusus dan Suriah secara umum, dari tirani (rezim Assad) atau penjajah", isi komando kelompok tersebut.

Kemajuan pejuang Sunni pada hari Sabtu, membuat milisi sektarian (Syi'ah) melarikan ke daerah-daerah yang masih dikontrol rezim.

Meski pengepungan berhasil ditembus dan hilangnya berbagai pos militer, pihak rezim Assad mengklaim bahwa oposisi "telah mengalami kerugian besar" dari pertempuran itu. (Orient-news/BBC/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.