Bangkai helikopter Rusia yang jatuh di Saraqib (foto),
Sebuah kelompok yayasan di Suriah pada hari Kamis menawarkan penukaran mayat lima awak helikopter Rusia yang ditembak jatuh di Idlib, dengan pembebasan para tahanan rezim.

Helikopter militer Rusia ditembak jatuh hari Senin (1/8) di dekat kota Saraqib, provinsi Idlib, yang dikuasai oposisi Suriah.

Insiden tersebut menewaskan kelima orang di dalamnya, menjadi kerugian terbesar yang secara resmi diakui oleh Moskow sejak intervensi militernya untuk membantu Basyar al-Assad.

Permintaan itu dibuat melalui sebuah pernyataan, yang menurut kantor berita Reuters ditandatangani oleh kelompok yang menamakan diri General Foundation for Prisoners' Affairs (yayasan urusan pertukaran tahanan).

Tawaran ini menginginkan pembebasan para tahanan yang ditahan di penjara-penjara rezim Suriah dan militan Syi'ah Hezbollah, Lebanon. Namun pernyataan tidak merinci siapa saja yang ingin dibebaskan atau jumlahnya.

Ditambah tuntutan lain agar diakhirinya pengepungan oleh tentara rezim Suriah dan sekutunya, serta diizinkannya pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga yang berada di wilayah terkepung.

Pernyataan yang dirilis itu juga menunjukkan gambar-gambar yang sepertinya merupakan kartu identitas para kru helikopter yang tewas.

Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Senin mengatakan bahwa tipe helikopter militer yang ditembak jatuh adalah Mi-8 untuk transportasi militer.

Moskow juga mengklaim heli itu tengah dalam perjalanan pulang menuju pangkalan udara Rusia di Latakia setelah "mengangkut bantuan kemanusiaan ke kota Aleppo".

Namun keterangan ini menjadi bahan olok-olokan di media sosial, karena dari video di lokasi, tampak potongan persenjataan berat dari bangkai helikopter itu. Para pendukung revolusi Suriah juga menyebut heli itu tepatnya sedang dalam misi membantu kepentingan Assad.

Tak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab telah menembak jatuh helikopter tersebut.

Rusia dan rezim Suriah pun belum membuat komentar terhadap tawaran pertukaran. (Reuters/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.