Seorang anak Aleppo terbunuh (foto AMC),
Kelompok pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) kembali merilis data korban tewas serangan udara Rusia sejak 30 September 2015.

SOHR telah mendokumentasikan total kematian yang mencapai 8.318 orang selama 11 bulan intervensi militer Moskow.

Korban terdiri dari warga sipil, pejuang FSA, oposisi Islamis, Jabhah Fathu Syam dan militan ISIS.

Mereka terbunuh dalam ribuan kali operasi serangan udara menargetkan berbagai provinsi Suriah sejak awal serangan Rusia dalam membantu kekuasaan rezim Basyar al-Assad.

Dari jumlah korban tersebut, warga sipil menjadi golongan terbanyak yang dibunuh peralatan tempur negeri 'Beruang merah'.

Total ada 3.189 warga sipil Suriah yang menjadi korban, mereka terdiri dari 763 anak/remaja di bawah 18 tahun, 480 orang wanita dan 1946 laki-laki.

Lebih banyak dari jumlah tewas anggota ISIS yang mencapai 2.605 orang militan.

Sementara anggota kombatan dari pejuang oposisi Sunni dan sekutunya yang terbunuh mencapai 2.524 orang, termasuk para petempur asing dari kelompok Jihadis dan Hizbul Islam Turkistan.

Dalam laporannya ini, SOHR masih menyoroti penggunaan bom "Termit" dalam bom cluster oleh Rusia.

Bom-bom yang terdiri dari serbuk aluminium dan besi oksida dapat menyebabkan luka bakar fatal para korban karena terus bereaksi hingga 180 detik.

Jenis serangan tersebut masih dilakukan oleh pesawat-pesawat tempur Rusia selama beberapa minggu terakhir di beberapa wilayah Suriah.

Bom pembakar dimuat di dalam jenis bom cluster "RBK-500 Zab ​​2.5 SM" yang beratnya mencapai 500 kg dan diluncurkan dari pesawat pengebom seperti Su-34.

Bom cluster akan meledak di udara untuk melepaskan muatan 50-110 buah bom-bom kecil yang menyebar tanpa pandang bulu.

Laporan serupa SOHR juga diterbitkan oleh Human Right Watch sekitar 2 pekan lalu.

Bom cluster di Suriah
Moskow selama ini membantah serangannya membunuh banyak warga sipil, atau penggunaan sejata terlarang. Meski belum ada pembelaan yang jelas. (SOHR/HRW)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.