Mayat-mayat milisi Syi'ah di Aleppo (foto),
Pejuang oposisi Suriah meluncurkan serangan besar di bagian barat daya kota Aleppo yang dikuasai rezim Assad, pada hari Minggu (31/7).

Menjadi serangan balasan dari sisi berbeda untuk menembus pengepungan militer Assad dan milisi Syi'ah terhadap kota Aleppo timur.

Koalisi gabungan dalam Jaisyul Fath yang terdiri dari Jabhah Fathu Syam, Ahrar Syam dan faksi-faksi lain, menyatakan telah 'membebaskan' banyak daerah dan terus mengarah menuju kota yang dikepung.

Melalui medianya, pemerintah Assad membenarkan pihak pemberontak telah melancarkan serangan besar tersebut di sepanjang barat daya kota Aleppo.

Namun militer rezim mengklaim berhasil memukul balik para pemberontak dari sebuah pangkalan militer dan membantah oposisi telah merebut markas militer di sekolah al-Hikmah.

Serangan bom berani mati menggunakan mobil menghantam gedung basis milisi Syi'ah dan tentara Iran di sekolah al-Hikmah. Ledakan dahsyat itu dilaporkan menewaskan puluhan milisi dan melukai banyak lainnya.

Sebelumnya, Jaisyul Fath menyatakan berhasil merebut sekolah al-Hikmah dan beberapa bukit basis pertahanan militer.

Sementara dari hasil pertempuran di seluruh Aleppo, puluhan foto yang memuat mayat-mayat pendukung Assad atau milisi Syi'ah asing, beredar di kalangan pendukung revolusi Suriah. Termasuk adanya beberapa milisi yang tertangkap oposisi.

Arah serangan pejuang Sunni untuk menembu pengepungan Aleppo timur (sumber: SRN)
Dukungan terhadap operasi menembus blokade juga dilakukan oleh warga sipil di kota Atarib, dengan membakar ban-ban mobil bekas untuk menghalangi serangan udara rezim Assad/Rusia.

Anak-anak Suriah ikut membakar ban
(Reuters/Orient-news/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.