Jundu al-Aqsa di kota Taibat al-Imam (foto),
Pejuang oposisi memperoleh kontrol wilayah baru atas beberapa kota di Hama utara setelah memenangi bentrokan sengit dengan tentara rezim Assad dan milisi Syabihah.

Terbaru, kelompok Jihadis garis keras, Jundu al-Aqsa, sepenuhnya mengendalikan kota Taibat al-Imam setelah melancarkan serangan dari arah barat.

Kemenangan ini terjadi secara beruntun dalam 2 hari operasi di Hama utara oleh FSA dan Jundu al-Aqsa.

Oposisi juga merebut al-Nasiryyah, sebuah bukit pertahanan yang terletak di sebelah tenggara Halfaya setelah mengendalikan Beit Sbeih dan al-Btaish.

Sebelumnya, Jaisyul Nasr merebut kembali desa al-Buwaydah pada hari Senin, setelah sempat dikontrol pasukan pro Assad.

Sementara kelompok Jaisyul Ezza akhirnya merebut kota Halfaya setelah memenangi bentrokan sengit di dekat Rumah Sakit kota, lokasi pasukan rezim memperkuat pertahanannya.

"Kami sekarang menyisir kota setelah membebaskannya dari rezim (Assad) dan akan memberikan lebih banyak kejutan yang telah disiapkan", kata Abu Kinan, seorang komandan Jaisyul Ezza.

Pejuang oposisi juga berhasil menghancurkan dua tank T-72 di checkpoint al-Zallaqiyat, serta merebut sejumlah besar senjata dan amunisi.

Operasi besar diluncurkan sejak hari Senin (29/8), pihak oposisi mengklaim telah menewaskan puluhan pasukan Assad.

Jundu al-Aqsa sendiri meluncurkan beberapa bom mobil yang secara efektif menyasar posisi-posisi pasukan rezim.

Serangan FSA feat Jundu al-Aqsa
Sumber rezim, pada hari Rabu, mengklaim telah merebut kembali al-Nasiriyyah. Rezim juga mengkaim membunuh "puluhan pemberontak" dalam serangan udara. Meski tidak merinci adanya wilayah yang bisa direbut kembali.

Pasukan Assad dilaporkan menarik diri dari kota Khattab, salah satu gerbang ke arah kota Hama, namun oposisi menahan diri dari memasuki kota, karena memandangnya sebagai jebakan.

FSA dan kelompok Islamis lainnya mengumumkan operasi tahap ke-3, dalam serangan di provinsi Hama.

Sebelum serbuan oposisi ini, serangan udara Assad-Rusia di wilayah Hama dan Idlib pada hari Minggu telah membunuh puluhan warga sipil, tanpa pencapaian militer berarti. (Reuters/Orient-news/Live Map)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.