Penguburan mayat Yahudi (CNN Indonesia foto),
Seperti dilansir CNN Indonesia, mempraktikkan ajaran Yahudi di negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia seperti Indonesia, menjadi tantangan tersendiri bagi komunitas Yahudi.

Dengan jumlah yang sangat kecil, ritual ibadah pemeluk Yahudi di Indonesia masih sangat asing diketahui masyarakat.

Hanya ada satu tempat ibadah sinagoga Yahudi yang masih aktif di Indonesia, yaitu di Tondano, Sulawesi Utara.

Teralis sinagoga itu dihiasi lambang Bintang Daud tiap jarak setengah meter. Sebuah sinagoga lain di Surabaya telah lama beralih fungsi.

Para pemeluk Yahudi di Tondano dapat secara terbuka dan bebas menjalankan ibadah di tengah-tengah mayoritas penganut Kristen, maupun komunitas Muslim di Tondano.

Yahudi melaksanakan ibadah pada hari Sabat atau Sabtu menurut hari matahari, dimulai matahari terbenam pada Jum'at petang hingga awal malam pada hari Sabtu.

Karena keterbatasan sinagoga di Indonesia, penganut Yahudi tidak diwajibkan selalu beribadah dengan berjama'ah di sinagoga.

Mereka juga dapat melakukan ibadah Sabat di rumah masing-masing dengan dipimpin oleh kepala keluarga.

Sementara ibadah di sinagoga dipimpin oleh seorang rabi. Peranan rabi dalam masyarakat Yahudi mempunyai banyak sisi.

Saat ini rabi-rabi masih bertanggung jawab untuk mengajarkan ajaran agama Yahudi secara umum dan aturan-aturan agama secara khusus. Mereka berhak menentukan penerapan hukum Yahudi.

Ada beberapa sebab munculnya penganut Yahudi di Indonesia, pertama adalah karena mengetahui asal-usul keluarga yang berakar Yahudi, atau mereka (dari bangsa non Semitis) yang masuk agama Yahudi dan disahkan oleh pemuka tertentu.

Salah satu rabi yang memimpin sinagoga Shaar Hashamayim di Tondano adalah Yaakov Baruch (Toar Palilingan). Ia mulai melakukan pencarian spiritual setelah mengetahui memiliki darah Yahudi dari neneknya saat di bangku SMA, Yaakov mencari informasi hingga Belanda dan Israel.

“Saya tertantang mempelajari Yudaisme. Saya ke Belanda dan Israel untuk menggali semua yang terjadi di keluarga saya di masa lampau hingga akhirnya saya yakin mereka memang keturunan Yahudi”, katanya.

“Ketika saya sudah dapat meyakinkan diri, saya putuskan untuk menganut agama nenek moyang saya”, lanjut Yaakov.

Yaakov mendapatkan darah Yahudi dari ibunya. Yahudi menganut paham matrilineal. Kakek buyut Yaakov, Elias van Beugen, merupakan pegawai angkatan bersenjata pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Lain lagi dengan Chaim Ben Avraham, ia mulai mengenal Yudaisme saat belajar di bangku SMA, dan mendalami ajarannya ketika menyusun skripsi bertemakan "Kidung Agung King Solomon”. Dari situlah dirinya menggali informasi mengenai isi ajaran Yudaisme.

Beberapa "mualaf" Yahudi di Tondano diketahui berasal dari penganut agama Kristen.

Berbeda dengan Yahudi Tondano, komunitas Yahudi di kota-kota besar Indonesia tidak memiliki tempat ibadahnya sendiri.

Elisheva Wiriaatmaja, juga menemui hal serupa dengan Yakoov, ia menemukan akar Yahudi di keluarganya dari jalur ayahnya. Dari hasil tes DNA untuk menelusuri asal-usul keluarga, yang memiliki keterkaitan dengan Yahudi Eropa timur.

Menyebabkannya mempelajari agama Yahudi. Mei lalu, ia lulus ujian menjadi "mualaf" Yahudi di Sidney Beit Diem.

Elisheva aktif di sebuah yayasan Yahudi di Indonesia, membantu seorang rabi asal AS melayani para pengikut agama Yahudi di Jakarta.

Ia merasa senang mempelajari Torah (Taurat) dan berkeinginan untuk membagikannya pada orang lain dari berbagai agama.

Yahudi adalah Ahlul Kitab
Islam sendiri memandang para penganut Yahudi sebagai kafir (non Islam) dari kalangan Ahlul Kitab, tanpa memandang asal-usul teologi maupun sektenya.

Sebutan 'Ahlul Kitab' bukanlah pujian pada mereka, melainkan hanya pengelompokan bagi kaum kafir yang masih mengklaim mengikuti wahyu-wahyu nabi terdahulu.

Ada dua jenis Ahlul Kitab menurut Al-Qur'an yang akan selamat dan masuk kategori orang beriman (Muslim), yaitu mereka yang mengimani kitab-kitab nabi terdahulu sebelum diutusnya nabi Muhammad (Shalallahu 'alaihi wasallam) dan mereka yang segera beriman kepada Rasulullah setelah diutus.


وَإِنَّمِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَمَنْ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ وَمَاأُنْزِلَ إِلَيْهِمْ خَاشِعِينَ لِلَّهِ لا يَشْتَرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ ثَمَناً قَلِيلاًأُوْلَئِكَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Artinya: “Dan sesungguhnya di antara ahli kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada Allah dan mereka tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. Mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya. Sesungguhnya Allah amat cepat perhitungan-Nya” (QS Ali Imran: 199)

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمْ الْكِتَابَ مِنْقَبْلِهِ هُمْ بِهِ يُؤْمِنُونَ. وَإِذَا يُتْلَى عَلَيْهِمْ قَالُوا آمَنَّا بِهِإِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّنَا إِنَّا كُنَّا مِنْ قَبْلِهِ مُسْلِمِينَ

Artinya: “Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka AlKitab sebelum Al Quran, mereka beriman (pula) dengan Al Quran itu. Dan apabila dibacakan (Al Quran itu) kepada mereka, mereka berkata: ‘Kami beriman kepadanya, sesungguhnya  Al Quran itu adalah suatu kebenaran dari Tuhan kami, sesungguhnya kami sebelumnya adalah orang-orang yang membenarkan(nya)” (QS. Al Qashash: 52-53)

Terdapat keistimewaan Ahli Kitab seperti Yahudi untuk bermuamalah dengan Muslim sesuai fiqih Islam, yaitu:

1. Bolehnya seorang Muslim (laki-laki) untuk menikahi wanita Ahli Kitab yang baik dan mampu menjaga kehormatannya, jika Muslim itu sanggup membentengi keimananannya.

2. Halalnya sembelihan dan makanan yang disiapkan oleh orang Yahudi. Ajaran Taurat memiliki konsep aturan makanan yang disebut kosher, dengan standar/batasan yang lebih ketat daripada halal milik umat Muslim.

3. Di negara dengan Syari'at Islam, umat Yahudi berhak mendapat perlindungan jiwa, harta dan kehormatannya dengan membayar jizyah.

(CNN Indonesia/muslim.or.id)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.