Tubuh warga sipil terlontar dan terputus (foto),
Penargetan jet tempur yang menghantam langsung lokasi warga sipil terus terjadi di Suriah, sebuah serangan udara mematikan terjadi pada hari Jum'at (12/8) di kota Hayyan, Aleppo utara, ungkap berbagai sumber Suriah.

Lokasi kota Hayyan sangat jauh dari lokasi garis pertempuran yang berada di sekitar kota Aleppo.

Dua belas warga sipil, yang terutama adalah anak-anak dan wanita, terbunuh akibat serangan udara yang diidentifikasi sebagai pesawat tempur Rusia/Assad. Para korban kebanyakan berasal dari keluarga yang sama.

Mayat korban terbelah akibat bom langsung ini, dimana potongan anggota badan mereka tersebar di area serangan, seperti rekaman video yang dipublikasikan oleh para aktivis.

Kelompok relawan pertahanan sipil yang datang ke lokasi untuk upaya pertolongan atau evakuasi, terkejut saat melihat tubuh anak-anak yang putus. Sementara ayahnya menangis histeris.

Pesawat tempur rezim Assad dan Rusia telah mengintensifkan serangan terhadap kota Aleppo dan pinggirannya, juga provinsi Idlib, setelah pejuang oposisi menembus pengepungan kota Aleppo timur pekan lalu.

Menurut media pro oposisi, Orient-news, sasaran serangan udara brutal adalah titik-titik warga sipil, seperti pabrik roti dan rumah sakit, serta telah memakan ratusan korban jiwa maupun menghancurkan infrastruktur.

Tak jauh dari Hayyan, serangan udara juga dilaporkan menghantam sebuah rumah sakit ibu dan anak di Kafr Hamra, Aleppo utara, tak jauh dari daerah kota.

Sebanyak 2 staf terbunuh dan sejumlah warga sipil terluka, akibat serangan langsung oleh pesawat tempur yang diidentifikasi sebagai milik Rusia.

Puluhan serangan udara ke fasilitas medis di kota Aleppo timur (maupun wilayah pinggiran provinsi) dan seluruh Suriah dalam sebulan terakhir, dilaporkan oleh sekelompok dokter dari kota itu saat menulis surat pada Obama pada hari Kamis.

Pesawat Rusia dan Assad adalah pelaku serangan yang sudah tak perlu dibantah atau dijelaskan lagi, ungkap mereka.

Seusai serangan di Kafr Hamra, banyak staf maupun pasien yang terjebak reruntuhan rumah sakit itu. Sebuah foto yang beredar menunjukkan seorang anak terjepit di bawah dinding yang runtuh, dengan relawan pertahanan sipil (White Helmet) berupaya menolongnya.

Korban di reruntuhan
Sementara menurut kelompok pemantau HAM Suriah, SOHR, sebuah serangan udara yang terjadi di daerah Urum al-Kubra, Aleppo, menyasar sebuah pasar sayuran pada hari Jum'at.

6 warga sipil langsung tewas, serta puluhan lainnya terluka, termasuk wanita dan anak-anak.

Serangan juga masih menghantam kota Idlib sebagaimana beberapa hari sebelumnya, namun belum ada laporan rinci korban menurut SOHR.

Sumber lain menyebut ada belasan korban jiwa di provinsi Idlib, di kota-kota seperti Ma'arat Misrin, Sarmada, Tal Adah dan Saraqib, melalui puluhan serangan udara Rusia dan rezim Suriah.

Selain Aleppo dan Idlib, aktivis di Suriah juga mengunggah foto korban serangan udara di provinsi Homs.

Kementerian pertahanan Rusia selama ini membantah "melakukan serangan terhadap warga sipil", meski berbagai laporan saksi mata menyatakan demikian. Dimana tak ada jenis pesawat lain yang beroperasi di lokasi selain buatan Rusia, seperti Su-24 dan Su-34. (SOHR/Orient-news/FB/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.