Sisa Manbij yang dikuasai ISIS namun ditaklukkan (foto),
Kelompok militan ISIS, yang mengklaim diri sebagai "kekhalifahan" dan memiliki slogan "baqiyah wa tatamaddad" (jayalah dan terus membesar), dilaporkan terdesak habis di kota Manbij oleh kelompok sekuler Syrian Democratic Forces (SDF) yang didukung AS.

Menurut lembaga pemantau SOHR, SDF mampu mengambil kontrol penuh atas kota Manbij di Aleppo utara dari sisa ISIS.

Anggota militan SDF dilaporkan melakukan penyisiran di pusat kota dan bagian utara, karena anggota militan ISIS disebut masih tersembunyi di kota. Kemenangan SDF ini terjadi dalam operasi 2 bulan, sejak 31 Mei 2016.

SDF adalah kelompok militan sekuler (gabungan) yang didukung AS, khusus memerangi ISIS di Suriah, terdiri dari gabungan milisi Kurdi, Arab dan Turkmen. Namun didominasi oleh militan Kurdi YPG dan YPJ/unit wanita.

Selain bermusuhan dengan ISIS, afiliasi SDF Kurdi juga terlibat pertempuran dengan kelompok oposisi Sunni di dekat kota Azaz, serta konflik di kawasan Syeikh Maqsoud dekat kota Aleppo.

Sejak tanggal 31 Mei, SOHR mendokumentasikan kematian 432 warga sipil (termasuk 104 anak-anak dan 54 wanita).

203 korban tewas warga sipil jatuh akibat serangan udara koalisi pimpinan AS di kota Manbij dan sekitarnya, termasuk 52 anak-anak dan 18 wanita, serta 8 orang tahanan.

Lalu sebanyak 229 warga sipil (termask 52 anak-anak dan 36 wanita) terbunuh oleh berbagai sebab, seperti penembak jitu, ranjau darat dan senapan mesin berat di Manbij.

Ada 269 ​​SDF yang tewas, termasuk komandan Abo Laila dan 3 milisi Eropa. Sementara jumlah tewas ISIS mencapai 932 militan sejak 31 Mei lalu.

Laporan SOHR juga mengkonfirmasi tewasnya puluhan militan dari kedua belah pihak akibat serangan udara maupun bom bunuh diri. (SOHR)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.